Jenis Strategi Pemasaran yang Efektif Tahun 2020

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Ada berbagai jenis strategi pemasaran dalam dunia bisnis. Dari jumlahnya tersebut, Anda bisa memilih salah satu, beberapa atau semuanya. Namun setiap bisnis ataupun produk, punya pemasaran yang berbeda. Karena memiliki tipikal dan keunggulan yang berbeda, maka kemungkinan, tidak semua pemasaran bisa diterapkan dalam satu produk.

Agar bisa mengetahui yang mana jenis strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis Anda, maka Anda harus mengethui jenis pemasaran apa saja yang paling sering digunakan di tahun 2020 ini.

Dengan begitu, Anda bisa mempelajari dan mencocokkannya dengan produk atau bisnis Anda.

Berikut beberapa jenis strategi pemasaran yang bisa Anda pelajari untuk bisnis yang lebih efektif;

1. Pemasaran Media Sosial

jenis strategi pemasaran

Sudah milyaran pengguna yang terkonfirmasi dalam menggunakan media sosial. Sungguh wadah yang basah bagi pebisnis. Pemasaran ini dikenal efektif karena bisa menjangkau luas target, biaya cukup irit, dan juga mudah dipelajari dan digunakan.

Pemasaran media sosial biasanya akan berfokus pada penggunaan situs atau aplikasi seperti Facebook, Instagram, dan sejenis lainnya. Dengan menggunakan baik pemasaran ini, maka bisnis dapat membangun brand dalam waktu cepat.

2. Email Marketing

Email marketing adalah prosedur yang dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran dengan mengirimkan email advertising kepada beberapa pelanggan atau audiens yang sudah menjadi target bisnis Anda. 

Meskipun dikenal efektif, dalam pemasaran ini, Anda harus tetap memperhatikan beberapa strategi yang tepat. Karena jika Anda tidak memerhatikan judul dan konten dan menyediakan judul dan konten yang tidak menarik, serta pengiriman yang terlalu sering, berlebihan, dan tidak tepat sasaran maka akan membuat email marketing Anda justru tidak dibuka, dan kemungkinan hanya akan masuk spam atau bahkan akan langsung dihapus oleh target audiens.

3. Search Engine Optimization (SEO)

jenis strategi pemasaran

SEO adalah proses memperoleh traffic dari hasil pencarian organik, editorial, maupun bebas pada sebuah mesin pencari. Strategi ini sangat berkaitan dengan pemasaran konten atau produk, dan bahkan turut menentukan apakah suatu konten atau produk Anda dapat dikatakan berkualitas atau tidak sama sekali.

Konten yang memenuhi SEO akan menempati posisi atas pada hasil pencarian di mesin pencarian seperti Google. Jika konten tersebut naik dengan pesat, bisnis akan mendapatkan traffic yang tinggi. Hal ini tentunya dapat meningkatkan brand awarenes bisnis Anda sehingga jumlah konsumen akan terus bertambah tiap harinya.

4. Pemasaran Transaksional

Seringkali tantangan terbesar yang dihadapi oleh sebuah bisnis adalah memenuhi target penjualan. Namun, keberadaan strategi pemasaran transaksional, sampai hari ini ternyata masih cukup efektif mengatasi masalah tersebut.

Bisnis yang menggunakan strategi pemasaran transaksional mampu menarik konsumen melalui diskon, promosi, kupon belanja, dan acara-acara besar yang bisa menggait banyak audiens. Akhirnya, konsumen pun tertarik untuk membeli lebih banyak produk yang ditawarkan.

Sebenarnya, Anda bisa memilih lebih dari satu jenis pemasaran di atas agar bisa berjalan dengan sinergis. Tidak mendahulukan satu sama lain dan memberikan porsi tepat untuk masing-masing jenis pemasaran.

Terima Kasih telah membaca artikel yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan bisnis Anda.

Featured Image by Mockup psd created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram