Cara Membuat Google Docs; Panduan Sederhana!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Bagaimana cara membuat google docs? Tenang, kami akan membahasnya secara singkat dan sederhana untuk teman-teman. Sebelumnya kita jelaskan dulu apa itu google docs dan apa manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan google docs.

Google Docs adalah salah satu layanan gratis dari Google untuk digunakan sebagai program pengolah kata, spreadsheet, presentasi, hingga penyimpanan data yang berbasis web.

Lalu, apa saja manfaatnya?

  • Mengedit file secara online;
  • Berkolaborasi dengan orang lain secara real time;
  • Hemat penyimpanan;
  • Share file dengan mudah;

Sekarang, bagaimana cara membuatnya? Bagi teman-teman yang belum familiar dengan tekhnologi ini, tenang. Kami telah merangkumnya secara sederhana.

Langkah-langkah sederhana cara membuat google docs, berikut uraiannya;

Membuat Akun di Google

Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun terlebih dahulu di Google . Membuat akun ini gratis dan memberi kamu akses pada layanan lain seperti Youtube, Maps, Drive dan Gmail.

Kamu bisa kunjungi laman https://docs.google.com untuk membuat akunmu terlebih dahulu, lalu kemudian langsung membuat Google Docs.

Pada laman pendaftaran, hanya masukkan nama, alamat email, dan tanggal lahir saja. Kemudian klik Langkah Berikutnya atau Next. Lanjutkan untuk membaca Kebijakan Privasi dan Ketentuan Layanan. Jika sudah, klik Agree, dan selesai sudah. Kamu sudah memiliki akun di Google.

Cara Membuat Google Docs

Setelah memiliki akun google, sekarang waktunya membuat google dokumen. Teman-teman bisa mengakses Google Docs melalui aplikasi yang bisa diunduh di App Store atau Google Play. Bisa juga dengan klik ikon Aplikasi di pojok kanan atas beranda Google lalu klik Documents. Bisa juga melalui Google Drive dengan memilih Documents di menu My Drive.

Cara lain yang lebih mudah adalah klik kanan, pilih New/ Baru, lalu pilih Documents. Kalau kamu membuka lewat website pada komputer/ laptop, bisa langsung ke https://docs.google.com.

Membuat Banyak Macam Dokumen di Google Docs

cara membuat google docs

Setelah mengetahui cara membuat Google Docs, kini kamu siap memulai bekerja dengan membuat dokumen baru. Melalui https://docs.google.com, ada banyak layout dokumen yang ingin kamu buat. Seperti resume, surat, resep, hingga proposal bisnis. Lengkap bukan?

Kamu bisa mengakses dan mempelajari semua template google docs di sini >>> template dokumen

Atau jika kamu ingin membuat dokumen baru di Google Docs, kamu hanya tinggal pilih gambar kertas kosong dengan tanda tambah biru di tengahnya. Simple yah!

Bagaimana teman-teman? Sangat mudah bukan?

Google docs salah satu jalan efisiensi dan efektif yang disediakan oleh Google.

Saatnya mencoba memulai pekerjaan dengan google docs!

Semoga bermanfaat.

Featured Image by Business vector created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram