Cara Berbisnis Ala Jeff Bezos, Orang Terkaya Di Dunia!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Cara berbisnis ala Jeff Bezos? Jeff Bezos diketahui memulai bisnisnya dari garasi rumah orangtuanya, dan bukan di sebuah kantor mewah yang memiliki berbagai fasilitas terbaik di dalamnya.

Sekarang, bersama dengan perusahaan Amazon miliknya. Pria kelahiran Albuquerque, New Mexico, pada 12 Januari 1964 ini mendulang kesuksesan yang gemilang. Dan berhasil menjadi orang terkaya di planet bumi ini.

Banyak bisnis membutuhkan proses panjang untuk bisa berkembang dan menjadi yang teratas, namun tidak berlaku untuk Amazon. Kenapa? karena semua tentu didapatkan dengan sejumlah strategi dan juga pola yang jitu sejak awal, sehingga Amazon bisa bekembang dan sukses seperti sekarang.

Sebagai seorang pebisnis besar yang telah melakukan terobosan luar biasa di dalam bisnisnya, tentu ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari seorang Jeff Bezos dalam belajar bisnis.

Berikut ini adalah beberapa cara berbisnis ala Jeef Bezos yang telah kami sediakan untuk teman-teman:

1. Hemat; Alokasikan Uang untuk Hal Prioritas

cara berbisnis

Jeff Bezos diketahui sejak awal berdirinya Amazon, masih menempati ruangan kecil saja sebagai kantornya.

Bezos menerapkan sistem penghematan untuk berbagai kebutuhan yang tidak begitu penting dan lebih memilih untuk mengalokasikan dana ke berbagai kepentingan lainnya yang berkaitan dengan pengembangan dan juga pertumbuhan bisnis secara berkesinambungan.

2. Pelanggan dan Perkembangan Perusahaan adalah Prioritas

Secara konsisten Amazon mempelajari kebutuhan dan juga perilaku pelanggannya, sehingga situs belanja ini bisa berupaya lebih baik untuk memberikan apa yang dicari dan dibutuhkan pelanggan secara maksimal. Hal ini dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan menampung berbagai masukan dari para pelanggannya.

Bukan hanya itu saja, Amazon juga memberikan ruang yang cukup luas bagi pelanggan yang ingin berbagi ulasan dan pengalaman mereka, sehingga bisa menjadi tolak ukur bagi pelanggan lainnya yang akan berbelanja. Jika sebagian besar perusahaan menghindari berbagai keluhan pelanggan, maka hal tersebut tidak terjadi di Amazon.

3. Cara Berbisnis; Bisnis Jangka Panjang

Sejak awal, seorang Bezos sepertinya begitu yakin dengan kesuksesan yang bisa diraihnya dari Amazon. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana pria ini memikirkan berbagai langkah yang akan memajukan bisnisnya untuk jangka yang panjang.

Berbagai strategi dijalankannya untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan, dan bukan hanya sekedar mendapatkan laba besar dalam waktu yang singkat dan sesaat.

4. Cara Berbisnis; Libatkan Semua Ide Orang bagi Perusahaan

cara berbisnis
Startup team meeting and discussing ideas in boardroom. Business colleagues in casual working together in contemporary office space. Brainstorming concept

Di dalam setiap pertemuan dan rapat internal, Amazon menerapkan pola yang unik dalam mengambil keputusan. Setiap orang akan diminta untuk menuliskan ide mereka dan menuangkannya dalam beberapa lembar kertas, di mana masing-masing yang datang akan memiliki kewajiban untuk membaca dan membedah setiap ide ini secara mendalam, sebelum akhirnya sebuah keputusan diambil untuk perusahaan.

Hal ini akan efektif, sebab berbagai ide cemerlang untuk mengembangkan bisnis bisa dihasilkan dengan proses yang lebih kreatif dari setiap orang yang berkepentingan di dalam perusahaan.

Amazon juga tidak membiasakan diri dengan tim yang besar sekaligus, namun lebih fokus untuk membangun tim dalam beberapa bagian yang lebih kecil dan produktif. Pola seperti ini dianggap lebih tepat dan produktif.

Semoga artikel belajar bisnis dari pendiri Amazon ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Featured Image by Technology photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram