Diskusi Optimalisasi Data Management, MongoDB Kunjungi Kantor OrderOnline.id

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Kamis (8/6), MongoDB melakukan kunjungan ke kantor OrderOnline.id. MongoDB merupakan perusahaan software yang menyediakan sistem pengelolaan database. Kunjungan ini dalam rangka bertemu dengan Tim IT untuk membahas Data Management di OrderOnline.id. Selain itu, pertemuan dengan Tim MongoDB juga memberikan insight kepada Tim IT OrderOnline.id terkait optimalisasi dan pemanfaatan Database dalam lingkup perusahaan teknologi yang semakin berkembang pesat.

 

Menurut Rizky Shofyan Nugraha, Jr Manager Engineering di OrderOnline.id menyampaikan bahwa Tim IT OrderOnline.id mendapatkan insight dari Tim MongoDB terkait aspek optimalisasi data.

 

“Tim IT punya dua insight dari MongoDB, yaitu tentang Cost Optimization Database dan Server, hal ini penting agar balance antara performance dan cost yang akan dipakai. Kedua adalah rencana Technical workshop yang membahas tentang optimalisasi query database untuk memastikan pefroma aplikasi kita makin cepat,” jelas Shofyan.

 

Optimialisasi ini berkaitan dengan fitur Data Lake di MongoDB Atlas. Data Lake merupakan tempat penyimpanan atau pengumpulan data, mulai dari beragam data, jika di OrderOnline.id seperti data order penjualan, customer, dan lain sebagainya. Strategi optimalisasi bertujuan untuk menghindari penggunaan database production agar lebih aman performa servernya.

 

Dengan menghindari penggunaan langsung terhadap database produksi, risiko kesalahan atau error yang dapat mempengaruhi performa server dapat dikurangi. Selain itu, pengelolaan data dari berbagai sumber secara terpisah memungkinkan pemeliharaan dan pemrosesan data yang lebih mudah dikelola.

 

Pertemuan antara Tim IT OrderOnline.id dengan MongoDB juga membahas terkait rencana jangka panjang untuk penggunaan Atlas (produk dari MongoDB) yang unggul dari segi untuk dari segi keamanan dan perfomance data. Bahkan untuk implementasi dari beberapa produk di Ordivo, terutama OrderOnline.id. Sebelumnya, OrderOnline.id telah menjalin kerja sama dengan MongoDB selama satu tahun.

 

Muhammad Ramdhan, Data Engineer di OrderOnline.id juga berharap pertemuan ini juga menjadi lesson learn untuk Tim IT khususnya dari segi Opetimalisasi.

 

“Atlas dari MongoDB memang cocok untuk OO, fiturnya cukup membantu namun perlu perhatikan dari segi costnya yang cukup tinggi. Ada beberapa fitur yang perlu kita gunakan dan ga juga jadi kita harus mengutilize fitur-fitur seoptimal mungkin,” jelas Ramdhan.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram