Penyusunan Budget, Definisi, dan Fungsinya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Penyusunan Budget sangat urgent bagi sebuah perusahaan. Namun, sebelum membahasnya secara mendalam, kita ketahui dulu apa sih sebenarnya Budget itu?

Budget merupakan alat yang dipergunakan dalam suatu organisasi perusahaan atau bisnis untuk membantu manajemen. Ia larut dalam fungsi manajemen, membantu dan mempermudah manajemen dalam mencapai tujuan.

Suatu rencana keuangan periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan, rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan dengan satuan uang untuk jangka waktu tertentu. 

Terdiri dari serangkaian taksiran-taksiran yang dapat dipakai sebagai suatu program untuk menjalankan kegiatan perusahaan pada suatu periode. Khususnya pada masa yang akan datang.

Tujuan Penyusunan Budget

penyusunan budget

Dalam melakukan sesuatu tentu kita harus mengetahui tujuannya. Ya, tujuan penyusunan budget adalah;

  • Sebagai landasan yuridis formal dalam memilih sumber dan investasi dana.
  • Memberikan batasan atas jumlah dana yang dicari dan digunakan.
  • Merinci jenis sumber dana yang dicari maupun jenis investasi dana sehingga dapat memudahkan pengawasan.
  • Merasionalkan sumber dan investasi dana agar dapat mencapai hasil yang maksimal.
  • Menyempurnakan rencana yang telah disusun karena dengan budget lebih jelas dan nyata terlihat.
  • Menampung dan menganalisis serta memutuskan setiap usulan yang berkaitan dengan keuangan.
  • Mengkomunikasikan harapan manajemen kepada pihak-pihak terkait sehingga budget dimengerti, didukung, dan dilaksanakan.
  • Dan banyak lainnya.

Fungsi Perencanaan

Budget merupakan alat perencanaan tertulis menuntut pemikiran yang teliti dan akan memberikan gambaran yang lebih nyata atau jelas dalam unit dan uang. Sebagai contoh, yaitu dengan merencanakan laba yang setinggi-tingginya. Dalam budget, rencana laba yang setinggi-tingginya tersebut dirumuskan secara teliti dan nyata, yaitu dinyatakan secara kuantitatif.

Fungsi Pelaksanaan

Merupakan pedoman dalam pelaksanaan pekerjaan, sehingga setiap pekerjaan yang ada dalam kegiatan di perusahaan akan dapat dilajalankan secara selaras dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, budget ini penting loh untuk menyelaraskan (koordinasi) setiap bagian kegiatan, seperti bagian pemasaran, bagian umum, bagian produksi dan bagian keuangan.

Fungsi Pengawasan

Sebagai alat pengawasan yang berarti mengevaluasi (menilai) setiap pelaksanaan pekerjaan, dengan cara memperbandingkan realisasi dengan rencana dan melakukan tindakan perbaikan apabila dipandang perlu atau apabila terdapat penyimpangan yang merugikan.

Cara Penyusunan Budget

penyusunan budget

Berikut uraian cara penyusunan budget;

  • Realistis, artinya tidak terlalu optimis dan tidak terlalu pesimis.
  • Luwes, artinya tidak kaku dan mudah untuk disesuaikan dengan keadaan yang mudah berubah.
  • Continue, artinya membutuhkan perhatian secara terus menerus.
  • Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.
  • Mempunyai kemampuan untuk memberikan motivasi kepada para anggotanya.
  • Mempunyai kemampuan untuk mendorong adanya partisipasi.

Terdapat dua cara yang digunakan dalam penyusunan budget, yaitu;

  • Top-Down Budgeting, penyusunan budget yang ditentukan oleh pimpinan tertinggi perusahaan dengan sedikit atau tanpa ada konsultasi dengan manajer tingkat bawah. Penerapan cara ini memberikan keuntungan, yaitu mempersingkat waktu penyusunan budget. Sedangkan kelemahan dari cara ini adalah tidak diperhitugkannya kebutuhan tiap-tiap bagian dengan tepat, karena semuanya merupakan keputusan sepihak dari manajer tingkat atas.
  • Bottom-Up Budgeting, penyusunan budget yang disiapkan oleh pihak yang akan melaksanakan budget tersebut. Keuntungan cara ini, yaitu budget disusun memang berdasarkan bagian-bagian yang membutuhkan dana atau bagian yang akan memberikan penghasilan bagi perusahaan, sehingga alokasi dana menjadi lebih akurat atau dengan kata lain tingkat keakuratan budget sangat tinggi. Adapun kelemahan dari cara ini adalah memakan waktu yang cukup lama.

Semoga artikel yang selalu kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih.

Featured image by Hand photo created by drobotdean – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram