Supplier Bisnis? Berikut Tips Memilihnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Supplier bisnis memiliki banyak peran di dalamnya. Peran pentingnya adalah sebagai penyedia barang. Jenis barang yang disediakan bisa berupa barang mentah yang dibutuhkan oleh perusahaan manufaktur. Bisa juga berupa barang jadi yang dibutuhkan oleh perusahaan retail.

Sebagai penyedia, supplier bisnis dalam operasinya bertindak sebagai jembatan penjualan antara perusahaan manufaktur dan perusahaan retailre-seller, dan distributor.

Dalam keseharianya, ada poin-poin penting yang perlu diperhatikan oleh supplier bisnis dalam menjalankan bisnisnya seperti:

  • Taat Hukum
  • Memberikan Harga dan Kualitas Terbaik
  • Menjaga Ketersediaan Barang
  • Bertanggung Jawab

Tips Memilih Supplier Bisnis

Tips memlih supplier bisnis perlu dipahami agar melancarkan bisnismu dan menghidarkan kamu dari masalah-masalah seperti kekurangan stok ataupun penurunan kualitas barang pesanan.

Berikut 9 tips memilih supplier bisnis;

1. Tentukan kebutuhanmu

Tentukan apa yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnismu sesuai intensitas dan jenis barang yang dibutuhkan.

Contoh dalam manufaktur sebuah mobil, komponen-komponen yang dibutuhkan merupakan prioritas utama dalam pengadaannya. Sedangkan komponen pendukung seperti cat yang dibutuhkan dalam peroses pewarnaan bukan prioritas utama, meskipun penting.

2. Memiliki Website

Situs merupakan bagian penting dalam dunia bisnis. Sebuah website dapat memberi gambaran produk yang ditawarkan dan juga kontak informasi yang digunakan dalam melakukan proses pemesanan. Tidak jarang dalam sebuah situs perusahaan juga menampilkan harga produknya.

Di dunia digital sekarang, website bisa mejadi indikasi apakah penyedia barang yang kamu pilih adalah supplier profesional atau bukan.

3. Kualitas dan Harga terbaik

supplier bisnis

Kamu bisa memilah-milah mana penyedia yang memberikan kualitas terbaik dengan harga termurah.

4. Kapasitas Supplier Bisnis

Pilihlah supplier yang memiliki kapasitas lebih dari yang kamu butuhkan. Hal ini menjaga agar potensi resiko ketidak tersediaan barang menjadi lebih kecil.

5. Pelajari Proses Pengembalian Supplier Bisnis Pilihanmu

Dalam proses pengiriman barang pesanan bisa saja terjadi hal-hal yang dapat menurukan kualitas barang pesananmu. Pelajari terlebih dahulu proses pengembalian dan kebijakan jika terjadi kecacatan atau ketidak sesuaian pada kualitas pesanan.

6. Track Record Supplier Bisnis

Pilihlah penyedia barang yang memiliki track record yang bagus. Kenapa? Track record yang bagus menunjukkan indikasi bahwa supplier yang kamu pilih profesional dalam pelayanannya. Indikasi penting dari track record yang bagus bisa berupa konsistensi ketepatan waktu pengiriman dan kesamaan kualitas barang pesanan.

7. Konsistensi Kualitas Layanan

supplier bisnis

Selanjutnya pilihlah penyedia barang yang memiliki layanan yang konsisten. Paling tidak, dari 100 pemesanan yang dilakukan, 90 diantaranya memuaskan baik dari kualitas dan ketepatan waktu.

8. Fast Response

Respon cepat yang diberikan menandakan keseriusan dan prefisionalitas penyedia barang dalam melakukan pelayanannya.

9. Pemberian Sample

Sample bisa kamu gunakan sebagai cross-check kualitas barang pesanan, apakah sesuai dengan deskripsi produk yang tertera di website ataupun sumber lainnya.

Semoga artikel yang selalu kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian ~

Featured image by People photo created by lifeforstock – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram