Channel Digital Marketing; Optimasi Part III!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pada dua postingan sebelumnya, kita telah membahas optimasi channel digital marketing part 1 dan part 2. Sekarang kita akan membahas optimasi channel digital marketing part 3.

Berikut kami rangkum 4 (empat) channel digital marketing yang harus dioptimasi untuk perkembangan bisnis >>>

1. Email Marketing

  • Tingkat kemudahan: Mudah untuk email yang basic dan sedang atau sulit untuk email dengan copywriting yang menarik
  • Biaya: Mulai dari Rp80ribu/bulan
  • Performa: Jangka panjang
  • Cocok untuk: Mendistribusikan konten bisnis dan info promosi produk

Beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam email marketing;

  • Lakukan list building penerima email
  • Gunakan alamat email dengan domain bisnis sendiri
  • Sediakan tombol CTA (Call to Action)

2. Video Marketing

channel digital
  • Tingkat kemudahan: Mudah hingga sulit, tergantung ide dan kebutuhan video
  • Biaya: Gratis hingga berbayar jika menggunakan tools edit video
  • Performa: jangka pendek hingga panjang
  • Cocok untuk: Menjangkau calon customer dengan konten yang penuh dengan visual

Kelebihan video marketing untuk sebuah bisnis:

  • Memudahkan customer memahami produk atau layanan dengan visual
  • Meningkatkan revenue
  • Mudah viral dan dibagikan ke banyak audiens

Platform yang bisa dipakai mulai dari Instagram, YouTube, dan lainnya.

3. Social Media Marketing

  • Tingkat kemudahan: Mudah hingga sulit, tergantung kebutuhan dan ide konten
  • Biaya: Gratis dan berbayar jika menggunakan tools sosial media
  • Performa: Jangka pendek hingga panjang
  • Cocok untuk: Menjaring berbagaicalon customer melalui konten yang interaktif

Beberapa alasan mengapa sebuah bisnis harus memulai social media marketing;

  • Hemat biaya
  • Efektif dan efisien
  • Meningkatkan brand awareness;
  • Memperluas target market;
  • Memudahkan komunikasi dengan target pasar;
  • Menyebarkan info terbaru dengan cepat;
  • Menarik traffic ke penjualan

Berikut beberapa jenis sosial media yang paling populer, Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook.

4. Affiliate Marketing

channel digital
  • Tingkat kemudahan: Mudah hingga sulit
  • biaya: Menyesuaikan succes transaction
  • Performa: Jangka pendek hingga panjang
  • Cocok untuk: Memperlebar jangkauan bisnis

Affiliate marketing merupakan strategi sebuah bisnis untuk bermitra dengan seseorang dengan menerapkan sistem komisi. Seseorang mendapatkan bayaran jika berhasil menjual produk melalui link tertentu.

Mengapa affiliate marketing menguntungkan bagi sebuah bisnis?

  • Hemat biaya
  • Risiko rugi relatif kecil
  • Menjaring lebih banyak target market
  • Meningkatkan kepercayaan calon customer

Featured image by Background photo created by benzoix – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram