4 Strategi Pemasaran e commerce Untuk Tingkatkan Penjualan

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Setiap toko online di berbagai platform e commerce pasti ingin barangnya banyak yang laku dan terjual. Untuk itu, toko online-toko online ini membutuhkan strategi pemasaran e commerce yang tepat untuk diterapkan pada toko onlinenya. 

Tantangan pemasaran toko online di platform e commerce tentu memiliki tantangannya sendiri. Apalagi, di tengah persaingannya dengan toko dan platform lain. Karena itu dibutuhkan strategi yang tepat untuk toko online agar bisa memasarkan produknya dengan efektif. 

4 Strategi Pemasaran e commerce yang Efektif 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, toko online pada pemasaran e commerce menghadapi tantangannya sendiri pada aspek pemasaran. Tentu saja, strateginya tidak sama seperti berjualan secara offline atau online namun menggunakan platform media sosial. 

Karena itu, berikut akan dibahas berbagai strategi yang mungkin bisa diterapkan oleh toko online yang buka di platform e commerce. Dengan strategi ini, dijamin akan ada peningkatan dari segi penjualan di toko online. 

Baca juga:Teori Pemasaran Menurut Para Ahli

1. Memberikan Apresiasi dan Reward pada Pelanggan yang Setia

Pemberian apresiasi dan reward pada pelanggan yang setia merupakan cara yang paling mudah untuk meningkatkan penjualan online. Konsumen belanja online biasanya akan berbelanja di toko online yang sama dengan transaksi sebelumnya. 

Apalagi, jika pelayanan toko onlinenya sangat baik, produknya bagus, dan pengiriman yang tepat waktu. Maka, bisa dipastikan bahwa konsumen tersebut akan berbelanja kembali jika membutuhkan produk yang sama. 

Bahkan, pembelian oleh pelanggan setia menyumbang 22% dari pendapatan toko online. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memberikan apresiasi atau reward pada pelanggan yang setia. Bisa berupa diskon atau bonus produk tertentu ketika berbelanja. 

 

2. Selalu Terhubung dengan Pelanggan Melalui Live Chat 

Setiap platform belanja e commerce biasanya memiliki fitur live chat di mana para pelanggan bisa langsung menghubungi para penjual. Dengan selalu terlibatnya dengan customer service bisa meningkatkan pengalaman belanja dari para pelanggan. 

Karena para pelanggan merasa pesanannya dan komplainnya direspon dengan baik dan lebih cepat. Dengan selalu terhubung pihak penjual juga dengan lebih mudah untuk mengarahkan para pelanggan pada barang yang diinginkan dan suatu halaman produk tertentu. 

3. Optimalkan Tampilan Halaman Produk 

Tampilan halaman produk adalah daya tarik utama bagi para pelanggan untuk membeli produk yang dijual di toko online. Karena itu, sangat penting untuk mengoptimalkan halaman produk yang akan dilihat langsung oleh para pelanggan. 

Jangan asal membuat tampilan yang menarik saja untuk produk. Lakukanlah riset dan metode CRO atau Conversion Rate Optimization untuk mengoptimalkan tampilan produk. Dengan tampilan halaman produk yang optimal. 

Maka, akan meningkatkan penjualan produk yang dijual oleh toko online. Metode CRO bisa membuat halaman produk Anda tampil lebih menonjol dan lebih tinggi pada kolom pencarian e commerce. 

4. Lakukan Upsell Produk 

strategi pemasaran e commerce  selanjutnya adalah dengan melakukan upsell. Upsell merupakan suatu teknik penjualan di mana para penjual akan memancing pelanggan agar lebih banyak membelanjakan uang. Caranya dengan memberikan versi premium dari produk. 

Versi yang lebih premium ini diberikan dengan harga yang tidak jauh berbeda dari versi biasa produk. Tentu saja, hal ini membuat para pelanggan merasa akan lebih menguntungkan untuk membeli versi yang premium. 

Itulah berbagai strategi pemasaran e commerce yang bisa diterapkan toko online yang berjualan di platform. Walaupun terdengar sederhana, namun berbagai strategi di atas bisa menaikkan penjualan jika diterapkan dengan benar dan efektif. 

Baca juga: 6 Cara Memperbaiki Strategi Pemasaran yang Gagal

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram