Trading Saham dan Investasi Saham? Inilah bedanya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebelum kita membahas perbedaan antara trading saham dan investasi saham. Ada baiknya kita membaca pengantar berikut.

Di Indonesia, investasi menjadi kata yang sering didengar pada beberapa waktu terakhir hingga detik ini. Hal ini dikarenakan terbukanya jalan lebar dalam dunia investasi. Padahal pada masanya, investasi bukan suatu hal yang mudah. Selain karena info terkait investasi yang cukup sedikit, ditambah dengan susahnya akses bagi orang awam.

Untungnya perubahan dalam bidang investasi sangat signifikan, sehingga semua bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Kini, investasi menjadi aktivitas yang banyak dilakukan orang dari usia muda hingga tua demi bisa mendapatkan keuntungan.

trading saham

Ada banyak jenis investasi yang bisa dijalankan saat ini seperti saham, properti, emas hingga reksa dana. Berbicara mengenai saham, sebenarnya investasi saham menjadi permainan yang cukup rumit dikarenakan harus bisa membaca pasar demi bisa mendapatkan saham yang tepat dan bisa menjualnya di saat yang tepat pula.

Sebenarnya selain investasi saham, ada juga istilah trading saham. Walau sama-sama membawa kata “saham”, sebenarnya kedua kegiatan itu memiliki perbedaan yang cukup signifikan, termasuk dengan pelakunya. Apa saja perbedaan investasi saham dengan trading saham? Berikut penjelasan lengkapnya.

Investasi Saham

Jenis investasi yang satu ini merupakan kegiatan membeli saham dan menyimpannya ketika harganya naik. Namun biasanya orang yang bermain saham tidak terlalu dengan naik turunnya saham yang dimiliki karena dengan asumsi kalau harga saham tersebut akan naik lagi pada waktu yang tepat.

Ketika investasi saham, biasanya saham yang dimiliki akan ditahan dalam jangka waktu yang lama, bahkan lebih dari satu tahun. Saham yang dibeli ini biasanya memiliki likuiditas yang rendah. Kalaupun mau dijual, ada perasaan sudah cukup untuk menyimpan saham itu atau kondisi yang malah semakin memburuk. Untungnya, risiko yang didapatkan ketika investasi saham biasanya tidak terlalu besar.

Bermain saham dengan sistem investasi bisa dilakukan siapa saja, termasuk orang awam. Tapi ketika berbicara mengenai trading saham, maka permainan ini telah naik satu tingkatan lagi dan di sanalah perbedaan terbesar yang bisa dirasakan.

Anda bisa investasi saham di beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti Unilever.

Trading Saham

Seperti yang dijelaskan di atas, trading saham memiliki tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan investasi. Mengapa argumen ini bisa dikeluarkan untuk trading saham? Karena bermain trading saham harus dilakukan oleh trader yang sudah terlebih dahulu mengenal seluk beluk dunia saham.

Trader memang mendedikasikan hidupnya untuk saham demi mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat. Ketika investasi saham biasanya ditahan hingga 1 tahun lebih, tidak dengan trading saham. Trader akan menjual kembali saham yang baru dia beli dalam jangka waktu sangat sebentar. Bisa 15 menit, 30 menit dan paling lama hanya 1 minggu saja. Dari jangka waktu dan pelaku saja, sudah terlihat jelas bagaimana perbedaan trading saham yang memang lebih rumit dan menantang dibandingkan investasi saham.

Selain itu, strategi yang digunakan sudah pasti jauh lebih rumit lagi dengan melihat politik serta ekonomi global demi bisa mendapatkan saham yang diinginkan. Risiko yang dihadapi juga tentunya lebih besar lagi. Maka dari itu, dengan konsep jual dan beli yang sangat cepat, tidak semua orang bisa bermain di dalam urusan trading saham.

Dari penjelasan di atas, pastinya sudah mengerti bagaimana perbedaan investasi dengan trading, yang punya pendekatan yang berbeda, permainan yang berbeda, hingga risiko yang berbeda pula.

Anda bisa belajar trading saham online di aplikasi trading saham seperti Olymptrade, Binomo, dan banyak lainnya.

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Featured Image by Business photo created by drobotdean – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram