Pentingnya Bisnis Plan Bagi Sebuah Bisnis!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apa pentingnya bisnis plan bagi sebuah bisnis? Sangat penting, hal inilah yang kemudian akan membantumu mengambil langkah yang tepat dalam menjalankan bisnis.

Ibarat sebuah peta, bisnis plan menunjukkan arah untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah bisnis.

Cara Membuat Bisnis Plan

pentingnya bisnis

Setelah kita menyadari betapa pentingnya bisnis plan bagi sebuah bisnis, maka berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah bisnis plan yang efektif untuk usaha >>>

  1. Riset dan analisa, cari tahu segala hal yang berkaitan dengan produk dan analisa kompetitor yang ada di pasaran;
  2. Buat executive summary, Gambaran singkat mengenai perusahaan yang harus dibuat dan didesain semenarik mungkin;
  3. Company profile, penjelasan detail mengenai perusahaan, latar belakang perusahaan dan hal-hal yang terkait dengan perusahaan;
  4. Tujuan bisnis, Selain menyatakan arah tujuan bisnis, jelaskan juga langkah-langkah yang dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut;
  5. Deskripsikan produk atau layanan, jelaskan apa saja keunggulan produk, bagaimana produk bisa memenuhi kebutuhan konsumen, dan tampilkan unique selling point yang membedakan bisnis kamu dengan bisnis sejenis yang lain.
  6. Strategi marketing, agar kegiatan pemasaran dapat dilakukan dengan lebih terarah dan tepat sasaran.
  7. Mencatat transaksi keuangan, ini adalah hal yang terpenting.

Apa Sih Pentingnya Bisnis Plan Bagi Sebuah Bisnis?

Yuk simak apa saja peran penting bisnis plan untuk kelangsungan sebuah bisnis >>>

1. Sebagai Blueprint

Blueprint menjadi sebuah arahan terhadap pelaksanaan suatu kegiatan bisnismu. Ini akan sangat memudahkanmu dalam perhitungan bisnis dan mengenal kompetitor di bidang usahamu. Blueprint juga menjadikan bisnis yang dijalankan semakin jelas dan terarah.

2. Sebagai Sumber Pendanaan

Setiap investor tentu ingin mengetahui seluk beluk sebuah bisnis sebelum berinvestasi. Business plan tentunya akan membantu investor mengenali arah bisnis, mempertimbangkan apakah bisnis tersebut memang profitable di masa mendatang atau tidak, sehingga lebih meyakinkan mereka untuk menanamkan modal pada bisnismu.

3. Mengelola keuangan

Business plan membantu mengatur keuangan usahamu. Kamu dapat memperkirakan berapa besar pengeluaran dan pendapatan bisnismu. Dapat mengatur dimana budget bisa dialokasikan dengan baik untuk mencegah terjadinya masalah atau kesulitan keuangan.

4. Membantu mengambil keputusan

pentingnya bisnis

Ada kalanya sebuah bisnis menghadapi tantangan dan menuntut kita agar secepatnya bisa mengambil keputusan secara cepat. Di saat seperti inilah bisnis plan dapat menjadi acuan untuk mengatasi situasi seperti ini. Dengan melihat kembali ke rencana usaha yang telah disusun, kamu bisa menentukan kebijakan mana yang paling tepat untuk bisnis kamu.

Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih 🙂

Featured image by Office photo created by tirachardz – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram