Nama Toko Online? Ini Tips Cara Menentukannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Masih bingung mencari nama yang yang tepat untuk toko online kamu? Tenang, ada beberapa tips menentukan langkah agar mendapatkan nama toko online yang sesuai dengan yang kamu inginkan.

Jadi sebelum menentukan nama toko, ada beberapa langkah yang berurutan yang harus kamu lakukan. Jadi, jangan main iseng aja, meskipun beberapa orang memberi nama tokonya secara iseng, tapi baiknya dipikir-pikir terlebih dahulu untuk keperluan jangka panjang.

Nah, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menentukan nama toko online kamu >>>

1. Riset

nama toko

Di tahap pertama ini coba kamu cek-cek dulu di media sosial seperti Instagram, Facebook, ataupun di marketplace dan Google nama-nama toko online yang sesuai dengan jualan kamu.

Dari riset tersebut pastinya kamu akan mendapatkan beberapa referensi, kamu bisa catat setidaknya 3 nama toko online yang menarik untuk dijadikan bahan referensi.

2. Sesuaikan Nama Olshop dengan Produk

Kalau kamu ingin nama yang mudah diingat dan mewakili produk kamu maka kamu bisa melakukan penyesuaian nama toko online kamu dengan produk kamu.

Hal ini memudahkan orang-orang untuk mengingat nama yang mewakili asosiasi dengan produk yang mereka cari. Jadi intinya, nama mewakili atau mengasosiasikan jenis produk kamu. Contoh yang paling sederhana “Toko Cincin Jogja”.

3. Nama yang Original

Jangan pernah memberi nama yang punya kesamaan dengan brand lain, meskipun kesamaannya hanya sedikit. Buatlah nama yang benar-benar original.

Tidak akan sulit untuk menentukan nama yang original jika memang kamu dusah riset sebelumnya. Jadi ingat yah, riset terlebih dahulu.

4. Mudah Dibaca dan Diingat

nama toko

Ini adalah hal yang paling sederhana namun kadang-kadang banyak diabaikan oleh sebagian orang. Nama yang mudah dibaca dan diingat akan menempati urutan pertama ketika orang-orang mengingat brand yang mengasosiasikan jenis produk kamu.

Jangan sampai nama yang sudah dibuat terlalu sulit untuk dibaca konsumen yah, apalagi susah untuk mereka mengingatnya.

5. Singkat dan Sederhana

Jangan memilih nama yang terlalu panjang dan rumit. Coba pikirkan nama dengan satu sampai tiga suku kata saja, contoh Sprite (dibaca ‘sprait’ 1 suku kata), Gucci (dibaca ‘guc-ci’ 2 suku kata), Uniqlo (dibaca ‘u-niq-lo’ 3 suku kata).

6. Punya Makna

Langkah pertama adalah kamu harus lebih dalam mengenali nilai-nilai atau value dari brand-mu sendiri. Apakah itu dari sisi produk, layanan, kualitas atau apapun yang kamu tawarkan. Nama brand yang mengandung arti di dalamnya, biasanya akan terlihat lebih catchy dan unik di mata orang.

7. Pastikan Domain Tersedia

nama toko

Tips selanjutnya, pastikan domain untuk nama olshopmu tersedia. Hal ini berguna agar nama domain yang kamu inginkan tidak terlanjur dibeli orang sehingga kamu tak harus membuat nama toko yang baru lagi.

Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih.

Featured image Mockup psd created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram