Bisnis Rumahan Untuk Pensiunan? Yuk Simak!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Anda pensiunan tapi masih ingin menikmati waktu luang dengan membangun bisnis rumahan? Jika iya, anda harus membaca dengan seksama 5 bisnis rumahan yang cocok untuk pensiunan.

Agar bisa aktif lagi di dunia usaha, yuk simak 4 referensi bisnis rumahan untuk pensiunan >>>

1. Kost atau Kontrakan

Jika Anda memiliki modal yang cuku dari hasil pensiunan anda, dan memiliki lokasi tempat tinggal sendiri yang letaknya cukup strategis. Seperti wilayah yang berdekatan dengan perkantoran atau sekolah, maka membuka rumah kost atau kontrakan adalah pilihan yang tepat.

Memang pada awalnya akan menghabiskan banyak biaya, namun proses bisnis ini adalah investasi jangka panjang yang cukup menguntungkan.

2. Jasa Cuci atau Sewa Kendaraan Bermotor

bisnis rumahan

Usaha yang satu ini juga harus cukup memiliki modal. Jasa cuci atau sewa kendaraan bermotor berarti harus memiliki kendaraan atau jika pencucian harus memiliki alat-alat pencucian. Dan tentu tempat yang harus menampung proses bisnis ini.

Namun jika sudah berjalan, bisnis seperti ini akan cepat mengmbalikan modal dan membuat keuntungan jangka panjang. Namun ingat, dibutuhkan manajemen bisnis yang mumpuni.

3. Usaha Peternakan

bisnis rumahan

Setiap jenis hewan ternak akan memberikan keuntungan dan kerugian yang berbeda-beda, makanya sebelum memulai ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

Seperti usaha peternakan yang lagi trend adalah ternak ayam dan menjual telur yang dihasilkan. Usaha seperti ini harus mengeluarkan banyak biaya untuk kandang yang besar, makanan hewan yang cukup, dan pekerja yang mengurusnya.

Namun ingat, anda bisa dengan mudah menjadi distributor jika anda satu-satunya yang memulainya di wilayah anda.

4. Usaha Agrobisnis

Sama halnya dengan usaha peternakan, agrobisnis sangat cocok untuk Anda yang suka dengan kegiatan aktif. Jika Anda memiliki lahan yang cukup baik itu kebun maupun sawah, memulai usaha agrobisnis bukanlah hal yang sulit.

Tapi ingat, anda harus terlebih dahulu konsultasi dengan pakarnya. Karena selain mengerti perawatan yang tepat untuk tanaman terkait, juga ada beberapa teknik lainnya yang harus dimengerti.

Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi temna-teman sekalian. Terima kasih!

Featured image by Food photo created by tirachardz – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram