Bisnis Investasi Properti; Keuntungan dan Kerugiannya

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Bisnis investasi properti semakin berkembang pesat, baik itu di Indonesia maupun dunia. Sudah banyak orang yang tergiur untuk berinvestasi dalam bidang ini, tanpa menimbang resiko atau kendala-kendala yang dihadapi

Jadi sebelum mencoba terjun dalam bisnis investasi properti, ada baiknya kita mengetahui apa saja sih keuntungan dan kerugiannya. Barulah dari penjelasan tersebut kita membuat sebuah kesimpulan. Berikut kami sediakan ulasannya;

Keuntungan Bisnis Investasi Properti

Berikut ini gambaran keuntungan dalam investasi properti;

* Nilai dan pendapatan yang terus naik

Nilai dari sebuah properti akan terus mengalami sebuah peningkatan dari tahun ke tahun. Apalagi jika properti tersebut diberikan sebuah nilai tambah. Nilai tambah yang dimaksud contohnya sebidang tanah dibangun ruko makan dengan begitu seiring dengan peningkatan nilai maka akan diterima pula peningkatan pendapatan.

* Resiko minim

Jika dibandingkan dengan saham, maka resiko investasi dalam properti relatif agak lebih stabil. Karena investasi dalam bentuk saham dikenal agak lebih sensitif dalam perubahannya jika dibandingkan dengan investasi properti. Salah satu contohnya adalah jika harga mata uang naik maka nilai saham pun akan naik, namun jika harga mata uang turun maka nilai saham pun juga pasti akan ikut turun. Berbeda dengan properti.

* Investasi jangka panjang

Keuntungan favorit dari investor ini adalah memiliki nilai dalam waktu yang panjang. Investasi properti cenderung tahan lama dan tak punya masa kadaluarsa sepanjang pemilik masih memiliki dokumen-dokumennya.

* Tidak tergerus inflasi

Inflasi bisa menimbulkan ketidakstabilan dalam sebuah perusahaan. Dengan bisnis properti, dipastikan nilai investasi tidak akan mengalami penurunan. Bahkan bisa cenderung naik karena orang-orang bertambah banyak tapi lahan yang tersedia sedikit.

* Jaminan baik

Properti menjadi salah satu jaminan yang sudah pasti akan diterima dan bernilai cukup besar asal semua dokumen lengkap. Oleh karena itu properti bisa menjadi agunan atau jaminan yang bisa diandalkan jika ingin meminjam uang dalam jumlah yang cukup besar.

Kerugian Bisnis Investasi Properti

Keuntungan investasi properti memang cukup menggiurkan tetapi tetaplah berhati-hati dan waspada karena investasi ini sudah tentu juga memiliki kerugian. Berikut kerugian investasi properti;

* Modal besar

Meskipun menghasilkan keuntungan yang besar. Namun dalam investasinya juga dibutuhkan pula modal yang besar. Jadi kesimpulannya tidak semua orang bisa ikut terlibat investasi dalam sektor ini.

* Perawatan dan pembiayaan mahal

Jika calon customer ingin membeli properti maka tentu akan melihat kondisi fisiknya. Hal inilah yang membuat investor harus menyioapkan dana yang cukup banyak karena akan terus menerus merawat propertinya. Selain itu juga, tiap tahunnya ada biaya pajak yang harus dibayarkan. Dan tambahan pembiayaan saat terjadi deal seperti biaya untuk PPH, BPHTB dan lain sebagainya.

* Rawan bencana

Bencana alam sudah pasti tidak bisa diperkirakan datangnya. Dimana kejadian ini tentu akan menghancurkan properti yang dijadikan aset. Meskipun bisa diasuransikan tapi dengan adanya asuransi maka tentu ada pula biaya bulanan tambahan yang harus selalu dikeluarkan.

Jika Anda tertarik untuk menjual atau membeli sebuah properti. Berikut beberapa referensi website profesional yang menyediakan >>> Rumah123.com, Rumah.com, Lamudi.co.id, dan DealRumah.id.

Featured Image by House photo created by lifeforstock – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram