, ,

Pemasaran, Perbaikan Strategi yang Gagal

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

July 6, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Strategi marketing kamu masih belum membuahkan hasil setelah sekian lama? Kamu kebingungan kiranya aspek marketing apa yang bisa kamu improve dalam bisnis kamu? Tenang, pada artikel kali ini OrderOnline akan bahas 6 cara untuk memperbaiki strategi pemasaran alias marketing kamu. Yuk, let’s start!

1. Kembangkan produk kamu

Jika kamu telah menjalankan sebuah strategi pemasaran dan akhirnya gagal, maka untuk menanggulanginya, hal inilah yang pertama harus kamu lakukan. Kamu bisa coba untuk berinovasi dan lakukan perbaikan pada produk kamu. Kamu bisa mencoba untuk menambahkan sebuah unique value yang nantinya akan menjadi ciri khas produk kamu.

2. Buatlah tawaran dengan value yang lebih

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan jika feedback dari strategi pemasaran kamu terasa sangat minim adalah dengan meningkatkan value atau nilai dari penawaran kamu. Beberapa yang bisa kamu lakukan adalah menawarkan diskon, menambahkan hadiah gratis dari pembelian, dan lain sebagainya. Langkah kedua ini sudah cukup terbukti untuk meningkatkan traffic penjualan kamu.

3. Retarget agar sesuai dengan audiens kamu

Pemasaran yang gagal biasanya disebabkan oleh target konsumen yang tidak sesuai. Kamu bisa coba sesuaikan campaign marketing kamu dengan target demografi dari produk kamu. Jangan lupa, kamu juga perlu untuk menyesuaikan pesan yang akan kamu sampaikan dalam campaign marketing kamu sesuai dengan target audiens yang ingin kamu inginkan. Setelah isi dan pesan campaign marketing kamu sudah sesuai, kamu pun bisa menjangkau target audiens yang kamu inginkan.

4. Coba strategi baru

Kamu bisa bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda saat memodifikasi strategi pemasaran kamu. Dengan ini, kamu bisa memangkas waktu karena strategi yang kamu buat tentunya sudah efektif menarget audiens yang kamu inginkan sejak awal. Dengan usaha kamu meminimalisir kesalahan sejak awal, kamu pun tentunya dapat menghemat tenaga dalam memformulasi strategi pemasaran kamu.

5. Jalankan strategi A/B test marketing

Dalam formulasi strategi pemasaran, kamu harus menjalankan strategi A/B. Strategi A/B sendiri layaknya kamu bereksperimen. Namun, disini kamu bereksperimen dengan berbagai media pemasaran seperti advertisement, landing page website, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, kamu tentunya akan memiliki data yang lebih spesifik tentang komponen pemasaran kamu.

Baca juga : Landing Page: Tutorial, Fungsi dan Definisi

6. Berikan waktu lebih

Kamu tentu setuju jika dalam berbisnis, aspek pemasaran sendiri takes time untuk terlihat hasil jelasnya. Tidak pernah ada sebuah usaha dalam bentuk apapun yang hasilnya instan, semuanya membutuhkan proses untuk terlihat hasil serta keberhasilannya. Pada akhirnya, lebih baik jika kamu berikan tenggat waktu yang tepat untuk mengukur keberhasilan campaign marketing kamu. Tentu, tenggat waktu yang kamu tetapkan harus tepat dalam artian tidak terlalu lama ataupun terlalu cepat.

Pada akhirnya, memformulasi campaign marketing ataupun strategi pemasaran dibutuhkan berbagai strategi dan uji coba. Salah satu hal yang bisa membantu untuk mempermudah proses bisnis online kamu adalah dengan menggunakan OrderOnline. Dengan OrderOnline, kamu bisa memangkas waktu dalam proses bisnis online kamu. Kamu tertarik untuk coba OrderOnline? Yuk, klik di sini ya!

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline pada artikel kali ini. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

July 6, 2023

Diperbarui