Jenis CTA yang Umum Digunakan Seller

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Ada banyak jenis CTA yang sering digunakan seller, namun kali ini kita hanya akan membahas enam jenis CTA yang umum digunakan. Sebelumnya apa sih itu CTA? CTA (call to action) adalah instruksi atau teks pada halaman situs, banner iklan, dan email yang dibuat untuk mengarahkan atau mengajak pengunjung agar melakukan sesuatu.

Tulisan call to action biasanya akan berbeda-beda tergantung dari tujuannya. Misalnya, CTA yang paling umum pada sebuah situs adalah “beli sekarang” atau “masukkan ke keranjang”.

Langsung saja, berikut kami uraikan beberapa jenis CTA yang sering digunakan pada umumnya >>>

1. Formulir Kontak

Sederhananya seperti ini, anggap saja Anda menyediakan ebook gratis untuk di download oleh audience, nah pengunjung bisa mendapatkan ebook nya ketika mengisi formulir.

CTA seperti ini biasanya sering digunakan oleh bisnis yang menawarkan jasa atau layanan.

2. Lead Nurturing

Lead nurturing biasanya dilakukan untuk membuat leads semakin tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dan untuk melakukannya, tentu dibutuhkan CTA.

Lead nurturing umumnya berupa penawaran event, layanan gratis, atau demo produk. Jenis CTA ini umumnya diletakkan di media yang dilihat khusus oleh audience yang sudah menjadi leads. Misalnya halaman terima kasih saat leads telah mengunduh ebook ataupun email newsletter.

3. Tombol “Baca Selengkapnya”

jenis cta

Tombol “baca selengkapnya” atau “read more” seperti ini memang terlihat sederhana, tetapi sangat berperan juga sebagai CTA. Anda bisa coba menampilkan potongan konten diikuti dengan tombol “baca selengkapnya”. Maka audience blog atau website pasti akan lebih tertarik untuk membaca konten Anda.

4. Tombol Share ke Media Sosial

Dengan menambahkan CTA yang mengarahkan ke media sosial maka sudah tentu Anda mengajak pembaca untuk masuk ke dunia media sosial bisnis Anda seperti Instagram.

Jika branding atau tampilan media sosial bisnis Anda meyakinkan, maka tidak ada salahnya mencoba CTA yang satu ini.

5. Ajakan Melihat Daftar Produk atau Layanan

Gunakan CTA ini untuk mengajak audience mengenal produk Anda terlebih dulu. Dengan melihat detail produk, pengunjung bisa dengan leluasa menentukan paket yang sesuai kebutuhannya sebelum membeli produk Anda.

6. Ajakan Membeli atau Berlangganan

jenis cta

CTA ini membujuk audience untuk bertransaksi yang menjurus ke pembelian. Atau berlangganan, jika model bisnis adalah subscription. Jadi tidak ada wadah lain yang disediakan karena CTA langsung mengarahkan ke pembelian.

Featured image by Hand photo created by stockking – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram