, ,

Produk Milikmu Ingin Ditampilkan di Mana?

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 24, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Kamu sudah punya produk tapi masih bingung ingin ditampikan dimana agar cepat terjual? Sebenarnya, wadah untuk menampilkan produk kamu sudah lumayan banyak loh. Setiap wadah ataupun platform juga memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal ini juga akan berpengaruh ke produk seperti apa yang ingin kamu jual nantinya.

Baca juga: Marketplace: Tips Mencari Produk

Untuk mengetahui kiranya wadah atau platform apa saja yang tersedia untuk menampung produk kamu, langsung saja OrderOnline bahas beberapanya di bawah ini.

Media Sosial Instagram dan Facebook

Tampilkan Produk di Media Sosial Instagram dan Facebook

Dengan penggunaan media sosial yang hampir tidak lepas dari kehidupan masyarakat, bukan rahasia lagi bahwa dua platform ini sudah menjadi ladang ampuh untuk menjual produk. Media sosial yang digemari oleh masyarakat seperti Instagram dan Facebook menjadi pilihan mayoritas para pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka.

Namun walaupun dengan fakta seperti ini, jika tidak dibarengi dengan langkah serta pengetahuan yang tepat, bisa saja bisnis kamu tidak mendapatkan dampak ataupun feedback sama sekali. Sebelum memulai, kamu harus tahu dulu potential users di Instagram dari kalangan apa saja. Pun begitu juga dengan Facebook.

Jika kamu sudah memiliki pengetahuan tentang produk, target market di media sosial, serta konsep promosi, maka kamu sudah bisa mulai menampilkan produk kamu. Beberapa instrumen dalam Instagram dan Facebook yang bisa kamu gunakan di antaranya adalah:

  • Instagram dan Facebook Feeds sebagai katalog;
  • Instagram dan Facebook Story untuk mempromosikan dan menghiglight sehingga produk kamu akan lebih menonjol;
  • Kemudian kamu bisa menggunakan fitur Marketplace yang juga tersedia di Facebook untuk menampilkan item-item yang akan kamu jual.

Website

Tampilkan Produk di Website

Seperti yang kamu ketahui, website juga dapat menyediakan informasi produk yang detail kepada calon customer. Website dengan berbagai macam widget pun juga dapat mempermudah transaksi penjualan. Biasanya, para pelaku bisnis juga mengandalkan website yang proper untuk menambah aspek trust dalam membangun brand mereka.

Pemasaran via website pun juga dapat menjaring konsumen secara luas. Calon customer tidak akan terbatasi waktu jika ingin melakukan pembelian. Tentunya, hal ini didukung oleh ketersediaan website dengan uptime selama 24 jam penuh. Berbeda jika dibandingkan dengan toko offline yang hanya tersedia selama jam buka operasional.

Setelah memahami tentang website, kamu pun bisa mencoba untuk menampilkan katalog produk lengkap kamu di website ataupun landing page.

Baca juga: Landing Page: Tutorial, Fungsi, dan Definisi

Kamu bisa coba tools seperti Elementor, ataupun salah satu tools powerful seperti OrderOnline Storefront agar lebih praktis. Karena dengan beberapa tools ini kamu dapat membuat website tanpa perlu mulai coding dari nol.

Marketplace

Tampilkan Produk di Marketplace

Untuk platform rekomendasi dari OrderOnline untuk memasarkan produk kamu adalah marketplace. Marketplace yang mungkin sudah kamu ketahui juga ada lumayan banyak seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan masih banyak yang lainnya. Kamu bisa coba membuat akun dan kemudian menampilkan item-item kamu pada beberapa marketplace yang tersedia.

Namun sayangnya marketplace juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama yaitu brand awareness yang lemah. Kedua juga persaingan antar seller yang sangat ketat. Dengan banyaknya seller yang ada di tiap marketplace dengan spesifikasi produk yang mirip, persaingan pun dilakukan dengan saling membanting harga.

Terlepas dari beberapa kekurangannya, marketplace punya beberapa keunggulan yang jelas seperti pengelolaan toko yang mudah serta potensi market yang sangat besar dan luas.

Setelah OrderOnline paparkan beberapa platform untuk kamu menampilkan produk, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini meliputi data tentang produk, target market, serta formula promosi yang menarik.

Jika kamu telah melakukan riset dan mempersiapkan produk kamu dengan matang, maka kamu bisa mulai untuk menampilkan item-item yang akan kamu jual di beberapa platform yang telah OrderOnline sebut di atas.

Untuk semakin mempermudah bisnis kamu, kamu juga bisa mulai menggunakan OrderOnline dengan klik di sini.

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline pada artikel kali ini. Have a nice day and see you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

September 24, 2023

Diperbarui