Networking Tepat? Hindari 7 Kesalahan Ini!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Membangun networking merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam berkarir. Namun realita yang kita temui, tidak sedikit juga orang yang akhirnya gagal dalam membangun networking hanya karena disebabkan oleh beberapa kesalahan yang pada dasarnya tidak perlu dilakukan. 

Simak beberapa kesalahan berikut ini, yang wajib dihindari ketika membangun networking:

1. Memulai setelah butuh

Pada dasarnya networking memang perlu dibangun sedini mungkin, bahkan sebelum menekuni karir profesional. Namun di dalam prakteknya, sebagian orang justru baru berencana membangun networking setelah benar-benar membutuhkan pekerjaan atau karir yang baru. Kondisi ini tentu tidak akan memberikan koneksi yang maksimal, sebab hanya dibangun berdasarkan kebutuhan saja. 

Jika ingin membangun koneksi, maka mulai hal tersebut berdasarkan nilai, minat, serta tujuan yang tepat, dan bukan hanya karena kebutuhan semata. 

2. Melakukan kesalahan dalam koneksi online

Gini ni contohnya, misalnya ketika terhubung dengan salah satu koneksi kamu secara online melalui fitur pesan pribadi, maka jangan pernah langsung mengajukan berbagai pertanyaan atau hal yang membingungkannya.

Kamu perlu memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud tujuan terlebih dahulu, sebelum akhirnya melanjutkan permintaan koneksi tersebut.

3. Tidak membangun koneksi dengan yang setara

networking

Terkoneksi dengan seorang mentor adalah hal wajib, namun bukan jangan mengabaikan koneksi dengan mereka yang setara denganmu. kamu tetap perlu membangun koneksi dengan orang yang sama levelnya denganmu agar dapat bertukar pikiran dan menemukan banyak solusi tentang dunia kerja itu sendiri.

4. Terlalu banyak permintaan

Pastikan kamu memahami batasan dan apa saja yang wajar untuk ditanyakan kepada koneksi kamu, agar kamu tidak sampai merepotkannya. Prioritaskan permintaan kamu, jangan terlalu keseringan.

5. Tidak memiliki persiapan

Jika ingin terhubung dengan baik kepada koneksi kamu, maka pastikan kamu mengecek terlebih dahulu profilnya dengan cermat. Kamu perlu memahami beberapa informasi tentang dirinya, agar lebih mudah untuk membangun komunikasi yang nyaman.

6. Berhenti dan tak lagi terkoneksi

Bagaimanapun juga, kamu tentu tidak ingin didatangi hanya ketika seseorang butuh saja, bukan?

Setelah terhubung dan pernah dibantu, sebaiknya kamu tetap menjaga komunikasi dengan baik kedepannya. kamu bisa saling menyapa, bertukar informasi atau bahkan saling bertukar ide terkait pekerjaan. 

7. Tidak memperkokoh koneksi yang sudah ada

networking

Tetap terhubung dengan mereka, sehingga koneksi kamu bisa semakin luas dan memberikan banyak manfaat. Kamu akan memiliki lebih banyak informasi dan juga keterikatan dengan orang-orang yang tepat, tentunya yang bisa membantu kamu lebih berkembang ke depannya.

Sudah punya gambaran kan teman-teman ketika ingin membangun networking yang tepat? Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih.

Featured image by Business photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram