Paket COD Datang! Buyer Harus Ngapain?

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Udah banyak cerita tentang viralnya reaksi buyer menghadapi paket COD yang gak sesuai ekspektasinya. Lantas, kalau paket COD datang, buyernya harus ngapain dong?

Tentu kita sebagai buyer gak mau viral kayak yang udah-udah dong? Oleh karena itu, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam menghadapi paket cod yang gak sesuai, simak penjelasan berikut ya!

Langkah Antisipasi Paket COD

  • Pertama, bayar nominal sesuai dengan yang tertera, ini wajib sih. Jadi bayar aja dulu ke kurir sesuai dengan nominal, nggak usah di tahan-tahan kurirnya.
  • Kedua, buka paket SETELAH paket dibayarkan. Jangan pernah membuka paket yang belum dibayarkan yah. Patuhi aturan logistik.
  • Ketiga, rekam paket saat melakukan unboxing, hal ini untuk mengajukan klaim jika barang tidak sesuai.

Isi Paket COD Ternyata Nggak Sesuai. Gimana Dong?

paket cod

Don’ts:

  1. Marah-marah ke kurir ekspedisi. Inget, kurir cuma pengantar paket, bukan penjual! Jadi mindset yang harus ditanamkan adalah, kondisi paket yang tidak sesuai tidak berhubungan dengan kurir.
  2. Minta refund ke kurir ekspedisi. Jadi, kamu bisa minta ke kurir agar paket diproses refund. Artinya mengembalikan paket melalui kurir karena paket tidak sesuai.
  3. Menolak bayar. Banyak banget nih buyer yang nggak bayar paket COD padahal udah dianterin, ini adalah kesalahan besar. Bagaimanapun kondisi paket, tetap bayar dan jika ingin pengembalian dana silahkan diproses refund.

Do’s:

Ajukan klaim ke seller (baik itu seller jne, sicepat, dan seller lainnya) dengan memberikan bukti video unboxing. Hal ini membantu agar proses refund dapat cepat ditangani oleh seller. Jadi, kalau ada paket yang datang, gak usah terburu-buru untuk buka kalau emanh masih ragu dengan kualitas seller.

Namun, untuk mengantisipasi, bagaimana pun kualitas seller, ketidaksesuaian produk tidak bisa dihindari. Jadi, tetap video unboxing ketika paket udah datang yah.

Jadi, teman-teman sekalian sebagai buyer maupun seller, harus punya kesadaran seperti penjelasan di atas agar meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Agar kiranya transaksi berjalan dengan aman dan sesuai harapan.

Semoga artikel yang kami sediakan membantu teman-teman sekalian, baik itu seller maupun buyer di dunia transaksi online.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram