Prinsip Pemasaran Modern Yang Harus Diperhatikan

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pemasaran yang modern dapat mengumpulkan sebuah kekuatan besar dalam sebuah bisnis. Makanya sangat penting untuk kemudian mengetahui prinsip pemasaran modern yang harus diterapkan. Prinsip ini berlaku bagi seluruh pelaku bisnis.

Starup besar seperti gojek, traveloka, dan banyak lainnya telah mengetahui prinsip pemasaran modern yang tepat. Lalu. apa saja prinsip pemasaran modern yang harus diterapkan dalam sebuah bisnis? Berikut telah kami rangkum penjelasannya;

1. Target Market

prinsip pemasaran

Langkah pertama adalah target market yang tepat. Poin ini mengedepankan pengembangan para pelanggan yang sangat potensial bagi bisnis Anda. Bagaimana membuat sebuah strategi untuk berinteraksi dengan mereka dan membuat mereka menjadi pelanggan yang sangat loyal.

Biasanya, untuk melakukan tahapan ini, dibutuhkan pengumpulan data-data pelanggan. Agar kemudian disesuaikan secara tepat target market bisnis Anda.

2. Engagement

Dalam poin ini, Anda harus mengetahui bagaimana cara menjangkau orang-orang yang tepat dengan waktu yang tepat pula. Inti dari poin ini adalah semua bagian harus tepat.

Mulai dari sasaran, konten yang harus tepat, penyampaian, media yang digunakan, dan berbagai aktivitas yang dilakukan haruslah tepat. Jika semua berjalan dengan tepat maka akan mendorong terciptanya permintaan yang besar-besaran untuk bisnis Anda.

3. Conversion

prinsip pemasaran

Dalam poin ini, untuk mencapai target conversion rate yang sudah Anda tentukan, tentunya ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar pelanggan kemudian bisa closing atau hal lain yang diharapkan pada pelanggan untuk bisnis Anda.

Ada banyak langkah seperti Anda bisa melakukan uji coba pada landing page, Buat Call To Action berbentuk teks di blog, manfaatkan Pop Up, permudah pengunjung untuk menghubungi customer service Anda, promosi melalui chat bantuan, optimasi artikel blog potensial, dan terakhir, lakukan remarketing.

4. Analytics and Reporting

Analisis dan pelaporan data adalah hal yang sangat penting dalam prinsip pemasaran modern. Memahami segala laporan keuntungan dari investasi pemasaran dan mengukur hal tersebut dapat menjadi kontribusi pemasaran terhadap pendapatan bisnis Anda secara keseluruhan.

Dan akan membantu bisnis Anda dalam menguatkan pemasaran secara gambaran komersial lebih komprehensif lagi. Sehingga bisnis Anda akan mengetahui tindakan-tindakan berikut mana saja yang sukses dan mana saja yang tidak yang harus segera dievaluasi.

5. Marketing Technology

prinsip pemasaran

Teknologi otomatisasi pemasaran yang tepat tentunya dapat semakin mempermudah perkembangan siklus konversi bisnis Anda. Hal ini dapat menjaga pemenuhan kebutuhan-kebutuhana.

Solusi dimaksud yang sudah terintegrasi adalah platform Customer Relationship Management (CRM) dan Sales Force Automation yang berfungsi dalam menyediakan berbagai macam fungsi pemasaran. Ditambah juga dengan otomatisasi alur kerja dan pemasaran, pemantauan media sosial, dan tentunya Business Intelligence.

Prinsip pemasaran di atas haruslah dipahami dengan matang untuk kelancaran roda bisnis Anda. Banyak pebisnis diluar sana yang masih menggunakan metode pemasaran yang sudah tertinggal dan bisa dibilang sudah usang. Dan mereka tidak menyadari bahwa proses-proses yang tertinggal tersebut sudah tidak lagi berhasil di zaman yang modern ini.

Jadi wajib bagi teman-teman sekalian untuk memahami lebih dalam marketing modern beserta prinsip pemasaran yang tepat bagi bisnis teman-teman. Jadikan hal ini sebagai salah satu prioritas.

Featured Image by Computer photo created by tirachardz – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram