Strategi Customer Retention untuk Meningkatkan Profit

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Setelah di pembahasan sebelumnya kita membahas tentang apa itu customer retention dan bagaimana cara menghitung ratenya, kali ini kita akan membahas beberapa strategi customer retention agar dapat meningkatkan profit.

Apa saja sih strategi customer retention untuk meningkatkan profit? Berikut telah kami rangkum uraiannya >>>

1. Ajak Customer Untuk Membuat Akun Di Bisnis Anda

strategi customer

Agar memudahkan customer mengetahui benefit apa saja dalam bisnis Anda seperti OrderOnline.id, namun jika Anda menjual produk fisik maka akan memudahkan pembelian berulang atau berganti produk bagi customer di bisnis Anda. Di sisi lain, memudahkan Anda mengetahui kebutuhan customer secara spesifik berdasarkan riwayat pembelian yang dilakukan. 

Strategi seperti ini disesuaikan dengan jenis bisnis yang Anda jalankan. Ingat, jangan pernah memaksakan pembuatan akun di awal transaksi.

2. Membangun dan Menjalin Komunikasi Personal Dengan Customer

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membangun komunikasi personal akan meningkatkan jumlah pendapatan hingga 17%

Ketika ingin membangun komunikasi personal maka awal yang harus dilakukan adalah sebut nama customer secara spesifik dalam setiap komunikasi bisnis yang Anda lakukan. Agar dapat membangun dan menjalin kedekatan lebih personal lagi.

Jika customer Anda banyak, manfaatkanlah aplikasi CRM (Customer Relationship Management). Bangunlah komunikasi sesuai konteks kebutuhan seperti didasarkan pada histori pembelian, keluhan dan lainnya.

3. Menyiapkan Program Onboarding

Onboarding adalah sebuah dashboard untuk mengenalkan produk kepada customer baru. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa customer akan beralih dari sebuah layanan karena dua alasan. Pertama, tidak memahami produk yang digunakan. Kedua, tidak mendapatkan manfaat dari produk tersebut. 

Nah, dengan proses onboarding maka akan membantu mengatasi dua permasalahan tersebut. Ketika Anda memberikan edukasi awal tentang produk dengan baik, kemungkinan repeat order akan semakin besar.

4. Menyediakan Program Edukasi

strategi customer

Selain onboarding, Anda juga wajib membantu customer untuk mencapai tujuan pembelian produk. 

Contoh sederhananya seperti ini, ketika customer ingin membangun bisnis toko online, Anda wajib membantu untuk mencapainya dengan memberikan berbagai informasi cara membuat toko online. Itulah yang dilakukan oleh OrderOnline.id melalui OrderOnline.id/blog dan OrderOnline.id YouTube

Dengan edukasi yang diberikan, customer bisa mengetahui hal apa saja yang perlu disiapkan untuk membangun sebuah toko online, entah itu mental, mindset atau tekhnis.

Dengan memberikan edukasi yang terarah, kepercayaan customer akan terbangun.

5. Layanan Customer Support yang Baik

Membangun bisnis dengan mengabaikan layanan layanan customer yang baik tidak akan memperpanjang umur bisnis. Karena layanan customer yang maksimal tidak hanya menjawab pertanyaan seputar produk atau menghadapi keluhan, namun juga bisa menjadi kunci peningkatan revenue bisnis.

Data dari McKinsey menyebutkan bahwa pengalaman positif dengan customer service membuat 85% customer membeli lebih banyak produk.

Dan 72% customer akan berbagi pengalaman positif dengan layanan customer yang mereka terima. Selain membangun kedekatan dengan customer, hal ini juga baik akan membuka kesempatan untuk mendapatkan customer baru melalui word of mouth.

Featured image by People photo created by kroshka__nastya – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram