Usaha Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Usaha kerajinan tangan dari barang bekas masih menjadi potensi dalam perputaran dunia bisnis. Bagaimana tidak? Selain hanya membutuhkan keterampilan yang kreatif, bisnis yang satu ini juga tidak menguras banyak modal.

Selain menjadi bahan bisnis usaha kerajinan tangan, juga banyak membantu pertumbuhan lingkungan dengan mengurangi banyaknya tumpukan sampah.

Lantas, usaha kerajinan tangan apa saja yang terbuat dari bahan bekas dan bisa jadi referensi bisnis teman-teman? Yuk, langsung disimak;

1. Miniatur dari Stik Es Krim
usaha kerajinan tangan

Usaha kerajinan tangan ini sebenarnya sudah cukup lama keberadaannya, namun tetap eksis sampai sekarang. Jika kamu punya banyak stik es krim, kumpulkan sebanyak mungkin atau kamu bisa membuka lapak penjualan khusus stik es krim.

Biasanya, anak-anak akan sengaja mengumpulkan untuk menjualnya. Setelah terkumpul banyak, lakukanlah kreatifitas sebanyak mungkin. Kamu bisa membuat miniatur rumah seperti gambar di atas atau banyak lainnya seperti miniatur mobil, asbak, dan barang yang sebisanya bisa berguna bagi customer.

2. Tempat Pulpen atau Pensil dari Botol Bekas

Sudah berapa banyak botol bekas yang kamu buang percuma? Selain kamu bisa menambah kebersihan lingkungan, jika kreatif, maka seperti gambar di atas, hasilnya sangat keren.

Tempat pensil seperti ini bisa laku keras jika dijual dengan target yang tepat seperti di tempat anak-anak sekolah dasar berkumpul, atau jika punya desain yang kekinian, kamu bisa menjualnya langsung di sosial media, website atau toko online mu.

3. Tong Sampah dari Ban Bekas

Gambar di atas adalah salah satu contoh produk kreatif yang punya daya jual. Dengan memanfaatkan ban bekas, dan cat warna. Jadilah tong sampah yang sangat colorfull.

Kamu bisa menawarkan produk seperti ini dengan memulainya dari tetangga-tetangga, atau teman ke teman. Sebab setiap rumah pasti butuh tempat sampah.

Kamu juga bisa menerima pesanan customisasi gambar atau tulisan sesuai dengan permintaan customer. Maka, lengkaplah sudah.

4. Tas Anyaman dari Sedotan
usaha kerajinan tangan

Akhir-akhir ini, banyak Artis yang menggunakan tas anyaman dari sedotan untuk mendeklarasikan gerakan lingkungan. Melihat potensi ini, kamu bisa membuat tas anyaman atau produk lain apapun dari sedotan.

Biasanya, bisnis ini banyak dijalankan oleh ibu-ibu karena butuh keterampilan khusus dan kesabaran yang memadai. Kamu bisa mewadahi ibu-ibu di sekitarmu untuk bersama-sama membuat kerajinan tangan yang satu ini.

Beberapa contoh usaha kerajinan tangan di atas hanyalah referensi untuk teman-teman agar kiranya bisa memulai bisnis dengan cara sekreatif mungkin. Jika kamu punya ide lain, maka tidak ada salahnya untuk segera menuangkannya menjadi bisnis yang punya daya jual.

Salah satu contoh website yang menjual usaha kerajinan tangan adalah Mari Berkarya

Teman-teman bisa melihat-lihat dan mempelajari kerajinan tangan dari website tersebut.

Jangan tunda lagi, lakukan usaha kerajinan pertama kamu, dan segera sukses untuk segala prosesnya. Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Featured Image by People photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram