Cara Membuat Website Toko Online dengan Mudah

Cara-Membuat-Website-Toko-Online-dengan-Mudah

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Berjualan online menjadi salah satu cara yang banyak digunakan saat ini. Sama dengan berjualan pada umumnya, untuk berjualan online Anda membutuhkan toko. Kali ini akan dibahas cara membuat website toko online.

Sistem berjualan secara online dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Cara ini dianggap lebih mudah dan efektif. Selain itu, pembeli dapat berasal dari manapun, sehingga jangkauan pasar Anda semakin besar. Bagaimana cara memulai bisnis online?

Cara Memulai Bisnis Online

Sebelum membahas cara membuat website toko online, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara untuk memulai bisnis online tanpa modal agar tidak salah langkah. Cara tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Menentukan Platform untuk Tempat Berjualan

Cara membuat website toko online yang pertama adalah dengan membuat platform untuk berjualan. Platform yang digunakan untuk berjualan online dapat berupa media sosial ataupun e-commerce

Agar penjualan maksimal, Anda perlu menyesuaikan jenis produk dengan platform untuk berjualan yang tepat. 

2. Mencari Supplier yang Terpercaya

Anda bisa memulai berjualan online dengan menjadi supplier ataupun dropshipper. Cara ini banyak digunakan karena dinilai lebih mudah dan menguntungkan. Anda tidak perlu memikirkan produksi barang karena bisa menjual barang dari orang lain.

3. Mengatur Tema dan Desain Toko Online

Teman dan desain dari toko online ini bisa menjadi ciri khas dari toko Anda  serta meningkatkan branding untuk para pengunjung. Tema dan desain dari toko ini tentunya harus sesuai dengan tema barang yang Anda jual.

Baca juga: Website Desain Web yang Menginspirasi!

4. Menambahkan Produk pada Halaman Toko

Setelah menentukan platform, tema dan desain dari toko online, Setelah itu Anda bisa mengisi toko online tersebut. Sebelum mengunggah foto produk, ada beberapa aspek yang harus Anda ketahui agar dagangan Anda semakin menarik. Aspek berikut adalah sebagai berikut:

  • Foto Produk yang Profesional

Foto produk yang profesional akan meningkatkan nilai dari produk yang Anda jual. Selain itu, foto yang diolah secara profesional menggambarkan pelayanan yang profesional. 

  • Strategi Penetapan Harga

Dalam menetapkan harga Anda harus memperhatikan beberapa hal, misalnya target pasar, karakteristik pelanggan, harga barang di toko pesain dan lain sebagainya. Berilah harga yang terbaik untuk pelanggan.

  • Deskripsi Produk

 

Salah satu yang menentukan keputusan pelanggan untuk membeli di toko Anda adalah dengan membaca deskripsi produk. Berikan deskripsi barang yang jujur dan sesuai agar pembeli tidak merasa tertipu ketika belanja di toko Anda.

Baca juga: Produk Jualan Paling Laku Tahun Ini!

5. Rajin Mempromosikan Produk

Promosi produk merupakan langkah yang harus Anda lakukan dalam berjualan. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan jualan Anda. Agar lebih menarik, Anda dapat membuat konten foto maupun video yang menarik. 

Selain itu, Anda bisa memberikan potongan harga untuk produk-produk tertentu.

Alasan Berjualan Online

Berikut beberapa alasan berjualan online yang dinilai lebih menguntungkan daripada berjualan secara konvensional:

  1. Membutuhkan modal yang lebih kecil
  2. Lebih praktis dan fleksibel
  3. Memiliki target pasar yang luas
  4. Dapat dilakukan di mana saja
  5. Adanya platform berjualan
  6. Promosi produk mudah
  7. Biaya operasional bisa lebih hemat

Cara membuat website toko online dapat dilakukan menggunakan WordPress dan Blogger. Website toko online ini banyak digunakan penjual selain platform e-commerce dan sosial media. 

Dengan kedua platform tersebut, Anda dapat buat toko online gratis selamanya. Namun, jika ingin terlihat lebih profesional, Anda dapat membeli domain untuk toko online tersebut. 

Baca juga: Strategi Promosi Terbaik Mengembangkan Bisnis

Cara Membuat Website Toko Online di WordPress 

Ilustrasi Toko Online

Cara membuat website toko online yang pertama adalah dengan menggunakan wordpress. Platform ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar agar terlihat lebih profesional. Cara membuat toko online di WordPress adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Domain dan Hosting

Sebelum membuat toko online, Anda perlu menyiapkan domain dan hosting terlebih dahulu. Ada banyak penyedia jasa layanan tersebut. Anda dapat mencari tahu melalui internet dan membandingkan layanan dari beberapa penyedia jasa domain dan hosting. 

Baca juga: Hosting, Server, dan Domain? Apa Perbedaannya?

2. Instal WordPress

Setelah membeli domain dan hosting, selanjutnya Anda harus menginstal CMS (Content Management System) yang akan digunakan sebagai mesin website. Anda tidak perlu khawatir karena cara menginstal WordPress ini sangat mudah.

Bahkan beberapa penyedia hosting memberikan fitur Softaculous yang bisa digunakan untuk menginstal WordPress dari cPanel. 

3. Membuat Sketsa Layout

Pemilik website dapat menonjolkan kelebihan dari toko online melalui layout atau tata letak. Anda dapat membuat tata letak website yang unik dan elegan sehingga memudahkan calon pembeli untuk melakukan pembelian di toko online Anda. 

Anda dapat membuat tata letak tersebut dengan mencari beberapa referensi dari website toko online yang sudah ada. Kemudian, Anda bisa menerapkan dan menyesuaikannya sesuai dengan keperluan di toko online Anda. 

4. Menginstal Plugin WooCommerce

WooCommerce merupakan etalase toko yang bisa mengakomodir tata letak barang, pelabelan harga, hingga pencatatan transaksi pada setiap penjualan. Anda bisa mendapatkan plugin WooCommerce secara gratis tanpa perlu berlangganan. 

5. Menambahkan Produk

Agar toko online Anda berhasil, Anda bisa memilih produk unggulan sebagai produk yang pertama kali Anda jual. Cara menambahkan produk ini dapat dilakukan secara manual dengan mengunggah foto produk satu-persatu ke website toko online. 

Selain itu, Anda bisa menggunakan tools import yang bisa digunakan untuk menambahkan produk dalam jumlah banyak secara langsung. Jangan lupa untuk menambahkan keterangan yang menarik pada produk yang Anda jual. 

6. Optimasi Website di Google 

Setiap pemilik toko online tentunya ingin jika website toko online tersebut berapa di halaman pertama google. Dengan demikian Anda memerlukan strategi untuk mengembangkan website di mesin pencari.

Anda dapat mengoptimasi website toko online tersebut dengan membuat konten yang berkualitas, mempercepat loading website, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Website Toko Online di Blogger 

Website toko online

Selain menggunakan WordPress, cara membuat website toko online selanjutnya adalah dengan menggunakan Blogger. Berikut cara membuat toko online di blogger:

1. Menyiapkan Domain

Sama seperti membuat toko online di WordPress, Anda perlu menyiapkan domain terlebih dahulu untuk membuat toko online di Blogger. Anda bisa membelinya di penyedia jasa pembelian domain.

2. Membuat Blog

Cara membuat blog di Blogger adalah sebagai berikut:

  1. Login terlebih dahulu di blogger.com.
  2. Setelah itu pilih opsi bikin blog.
  3. Lalu isi kolom Title/Judul dengan nama toko online Anda.
  4. Kemudian isi kolom kedua, yaitu Address/Url atau alamat blog dengan huruf kecil.
  5. Selanjutnya klik tombol create blog.

3. Memasang Template Toko Online

Ada banyak template blog online, baik template gratis maupun yang premium. Berikut cara memasang templatenya:

  1. Unduh template yang akan dipasang.
  2. Lalu pasang template dengan cara Klik Tema, kemudian Backup/Restore.
  3. Setelah itu, klik Choose file, lalu Open untuk memasang template tersebut. 
  4. Selanjutnya klik/pilih file template yang telah diunduh, lalu klik Upload.
  5. Tunggu hingga proses selesai.

4. Posting Produk

Posting produk Anda di toko online tersebut. Pastikan foto produk memiliki kualitas yang baik. Jangan lupa berikan keterangan atau deskripsi pada setiap produk yang Anda jual.

Cara membuat website toko online menggunakan WordPress dan Blogger sangatlah mudah. Selain itu Anda bisa membuat toko online lewat HP maupun PC. Selain itu, kedua platform di atas memungkinkan Anda untuk membuat toko online gratis. 

Demikian cara membuat website toko online yang dapat Anda pilih untuk berjualan di zaman yang serba online dan digital saat ini.

Baca juga: Social Media Instagram; Tips Menampilkan Produk

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram