Perbedaan UI dan UX? Simak Penjelasannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Setelah pada postingan sebelumnya kita telah mengetahui mengetahui pengertian dari UI dan UX, sekarang kita akan membahas perbedaan UI dan UX.

Dalam beberapa aspek ada beberapa perbedaan UI dan UX, dan hal ini cukup menarik untuk dibahas.

Langsung saja, berikut kami uraikan perbedaan UI dan UX yang perlu Anda ketahui >>>

1. Tujuan Desain

Hal mendasar utama yang menjadi perbedaan UI dan UX adalah tujuan desainnya. Desain UI dalam sebuah produk bertujuan memberikan visual menarik pada tampilan produk. Sementara desain UX dirancang untuk memberikan experience yang menyenangkan saat menggunakan produk. 

Fokus desain UI adalah visual yang menarik, sementara fokus desain UX adalah kepuasan pengguna menggunakan produk. 

Sederhananya, desain UI diciptakan untuk mempengaruhi kesan pertama pengguna melihat produk, sedangkan UX mempengaruhi bagaimana experience pengguna saat menggunakan produk. 

2. Proses Desain

Karena fokus pada user experience, proses desain UX pastilah akan berlandaskan riset pengguna yang di mana dalam prosesnya melalui beberapa tahapan dan butuh peran pihak lain, seperti UX researcher. Setelah riset, desainer pun akan merancang sketsa desain dengan wireframe dan prototype.

Desain UI juga memerlukan riset desain untuk membuat desain yang menarik dan sesuai dengan konsep. Biasanya, desainer UI merancang model desain dengan membuat mockup. 

3. Komponen Desain

Karena berfokus pada visual tampilan produksi, maka komponen UI akan mementingkan gambar, warna, video animasi, typography, buttons, dan visual interaksi lainnya. 

Sedangkan desain UX meliputi hampir keseluruhan dari komponen suatu produk seperti fitur-fitur, struktur desain, dan navigasi. Tampilan interface, copywriting, hingga branding juga termasuk, sehingga dalam hal ini memang diperlukan kolaborasi tim.

4. Tools yang Digunakan 

perbedaan ui dan ux

Aplikasi desain UI yang tersedia ada Flinto, Principle, Frames X, Adobe illustrator, dan lainnya. Sedangkan desainer UX lebih membutuhkan aplikasi prototyping desain seperti Sketch, InVision, Figma, Adobe XD, Axure, dan lainnya.

perbedaan ui dan ux

5. Skill yang Dibutuhkan 

Seorang desainer UI membutuhkan skill seperti desain grafis, design branding, creative thinking, dan convergent thinking. Beberapa skill ini dibutuhkan agar dalam mendesain tampilan produk dapat terlihat menarik dan mudah untuk interaksi.

Sementara seorang desainer UX membutuhkan skill melakukan riset, analytical thinking, problem solving, critical thinking, dan creative thinking. Skill ini dibutuhkan agar desain produk mudah digunakan bagi pengguna.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram