UI UX? Pentingkah Dalam Perkembangan Website?

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebelum membahas pentingkah UI UX dalam perkembangan website atau aplikasi, baiknya kita tahu dulu pengertian dari masing-masing. Sehingga gambaran besar dapat dipahami dengan baik.

User Experience (UX) 

Merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. Pondasinya adalah kebutuhan dan keinginan pengguna. Produk dengan desain UX yang baik akan menciptakan experience yang menyenangkan bagi penggunanya ketika mereka menggunakan produk tersebut. Experience tersebut bisa mudah, nyaman, dan banyak lainnya.

Adapun, komponen UX ini meliputi bagaimana fitur-fitur yang disediakan pada produk, struktur desain, navigasi penggunaan produk, aspek visual design, dan seluruh aspek interaksi dengan pengguna. UX juga meliputi penentuan branding, konten, dan copywriting yang sesuai dengan target market.

User Interface (UI) 

UI bagian dari UX berupa tampilan visual design sebuah sistem. Berfungsi untuk menghubungkan pengguna dan berinteraksi dengan suatu produk. Juga berfungsi memperindah tampilan agar dapat meningkatkan kepuasan pengguna. Selain indah, kemudahan penggunaan juga harus diutamakan.

Komponen UI diantaranya adalah komponen tombol, tema, layout, ikon tipografi, animasi, dan visual interaktif lainnya. Namun yang paling utama, semua komponen tersebut didesain dengan berfokus pada keindahan dan kemudahan pengguna.

Mengapa UI dan UX Penting dalam Pengembangan Website dan Aplikasi?

Berikut kami uraikan 3 (tiga) alasannya >>>

1. Menghasilkan Produk yang Dibutuhkan Pengguna

ui ux

Produk yang dibuat berdasarkan kebutuhan pengguna akan lebih diminati. Contoh saja perusahaan ESPN yang berhasil meningkatkan 35% pendapatan website mereka setelah mendesain ulang homepage dengan pendekatan user experience. 

2. Meningkatkan Kepuasan Pengguna Terhadap Produk

ui ux

Salah satu riset dari Dot Com Infoway (DCI) mengatakan 62% pengguna meng-uninstall aplikasi di ponsel mereka karena tampilan berantakan dan sering terjadi eror. 

Lain cerita jika produk yang memiliki tampilan  menarik dan mudah digunakan, maka akan membuat pengguna puas pada produk Anda. Kepuasan akan membuat produk tetap digunakan.

3. Meningkatkan Penjualan dan Bisnis 

ui ux

Salah satu riset dari Forrester Research membuktikan bahwa desain UI dan UX yang baik dapat meningkatkan conversion rate sebuah website hingga 400%.

Faktor ini akan membuat pengguna terkesan dengan tampilan awal dan mudah menyelesaikan kebutuhan di website tersebut. Maka dengan begitu, pengunjung juga akan lebih mudah melakukan conversion dan pembelian.

Featured image by Business photo created by pressfoto – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram