Manfaat Kepuasan Pelanggan Bagi Bisnis

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dan indikator kepuasan pelanggan, sekarang saatnya membahas manfaat kepuasan pelanggan bagi bisnis.

Tentu saja sudah kita ketahui bahwa yang utama dari manfaat kepuasan pelanggan bagi bisnis adalah dengan meningkatnya penjualan, namun selain itu, apa saja manfaat lainnya?

Berikut kami uraikan manfaat kepuasan pelanggan bagi bisnis >>>

1. Konsumen Setia

manfaat kepuasan

Produk berkualitas, produk dengan harga yang terjangkau, dan pelayanan konsumen yang baik dan maksimal. Membayangkannya saja sudah pasti membuat perasaan lega. Ketiga paket lengkap inilah yang kemudian akan melahirkan konsumen yang setia dari produk-produk Anda. Apapun produk yang Anda keluarkan, merekalah di baris pertama yang akan membelinya.

Contoh produk yang telah sampai pada fase ini adalah Apple dengan produk Iphone dan Macbooknya. Oh iya, ada salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan konsumen setia yaitu dengan menggunakan community marketing. Agar bisnis Anda dapat menjaga hubungan dengan konsumen lewat sebuah komunitas.

2. Sarana Promosi Gratis

Word of Mouth, metode marketing ini biasanya berjalan ketika customer puas dengan sebuah produk, harga, ataupun pelayanan dari suatu brand atau produk. Hal ini bisa menjadi sarana promosi gratis bagi brand Anda. 

Dan untuk meningkatkan kredibilitas, Anda bisa mendokumentasikan berbagai testimoni konsumen yang puas dengan bisnis Anda. Pasang di website, toko online, maupun di sosial media, maka kredibilitas pun meningkat.

Sudah banyak brand yang melakukan metode ini, mau brand besar maupun brand kecil. Karena selain menghemat biaya, juga bisa meningkatkan brand awareness.

3. Membantu Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan 

manfaat kepuasan

Kita tahu bahwa pihak pelanggan lah yang paling tepat untuk menunjukkan bahwa produk yang kita miliki bermanfaat. Dari segi inilah mengapa pelanggan yang puas atau tidak puas dan terus menggunakan produk atau berhenti menggunakan produk Anda dapat menjadi responden penilaian produk.

Dan pada akhirnya, dapat membantu kita meningkatkan bisnis karena dengan perilaku pelanggan kita tahu tentang kelebihan dan kekurangan produk yang kita jual.

4. Modal Bersaing dengan Kompetitor

Keterikatan emosional dengan brand, seringkali ditunjukkan oleh Apple pada pengguna setianya. Jika brand sudah mendapatkan kondisi seperti ini, maka akan lebih sulit bagi kompetitor untuk mengambil hati pelanggan. 

Anda bisa menggunakan satu metode dengan menunjukkan kepuasan pelanggan tersebut untuk menunjukkan banyak apresiasi Anda terhadap mereka, sekaligus dengan cara tesebut dapat meyakinkan calon pelanggan baru.

Featured image by Business photo created by diana.grytsku – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram