Strategi Pemasaran Jasa; Penuhi Hal Ini!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebelum membahas hal-hal apa saja yang harus dipenuhi dalam strategi pemasaran jasa. Baiknya kita memahami definisi atau pengertian pemasaran jasa agar kiranya dapat mengerti kerangka dan garis besar dari hal tersebut.

Menurut Investopedia melalui Adam Baron menyebutkan bahwa strategi pemasaran merupakan rencana keseluruhan pada bisnis untuk mengubah calon konsumen potensial menjadi konsumen yang menikmati produk dari pemasaran itu sendiri.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jasa adalah aktivitas, kemudahan, manfaat, dan sebagainya yang dapat dijual kepada orang lain (konsumen) yang menggunakan atau menikmatinya.

Jika dua pengertian di atas digabung dan ditarik agar memiliki benang merah maka bisa disimpulkan bahwa; Strategi pemasaran jasa merupakan rencana keseluruhan suatu perusahaan jasa agar konsumen potensial dapat menikmati produk yang diberikan.

Mengapa Strategi Pemasaran Diperlukan?

strategi pemasaran jasa

Membangun strategi pemasaran perlu dilakukan agar produk jasa yang ditawarkan dapat tersampaikan kepada konsumen. Pesan harus tersampaikan, bahkan lebih baik jika konsumen memahami pesan kita.

Dengan begitu, konsumen dapat memahami produk yang ditawarkan agar kiranya konsumen bisa memilih apakah produk jasa yang ditawarkan oleh kita sesuai dengan kebutuhannya saat ini atau tidak.

Dengan strategi pemasaran jasa, kita akan mengetahui siapa saja target konsumen yang akan dituju, tools yang akan digunakan kelak, dan menyesuaikan anggaran tentunya.

Dalam strategi pemasaran jasa, terdapat 3 (tiga) hal yang harus dipenuhi sebagai berikut;

Sumber Daya Manusia) (SDM)

strategi pemasaran jasa

Sumber daya manusia yang dimiliki dan terlibat langsung di bagian pemasaran atau servis pelayanan menjadi bagian yang paling penting karena bagian inilah yang akan membantu untuk mendapatkan tambahan nilai yang signifikan pada penawaran jasa Anda.

Sumber daya manusia mengkomunikasikan dengan baik dan menjual jasa dengan terampil. Namun di satu sisi, bisa juga membuat atau menghancurkan usaha pemasaran jasa yang ditawarkan.

Kesimpulannya, sumber daya manusia yang berurusan dengan penjualan dan pemasaran menjadi “wajah utama/ representasi” bagi bisnis jasa Anda.

Bukti Fisik

Jasa yang ditawarkan haruslah dikomunikasikan dan ditindaklanjuti dahulu secara baik dan benar. Anda harus menciptakan suatu User Experience.

Kepuasan atau kenyamanan yang akan diberikan kepada pelanggan tidak berwujud sehingga komunikasi dan dokumentasi bisa berupa ulasan pelanggan terhadap bisnis Anda. Yap, testimoni salah satunya. Bukti fisik seperti ini harus Anda bagikan untuk membangun citra positif bagi bisnis jasa Anda.

Alur Jasa

Salah satu elemen penting dari strategi pemasaran jasa adalah prosedur dan alur kegiatan tentang bagaimana jasa Anda dikonsumsi. Hal ini harus berjalan dengan lancar dan terkendali tanpa adanya kendala yang terlalu berat agar kiranya dapat menjaga kepercayaan pelanggan Anda.

Jika teman-teman mengerti dengan baik tentang strategi pemasaran jasa maka bisnis jasa yang dijalankan akan menarik banyak pelanggan dan menghasilkan kepuasan pelanggan. Produk jasa juga akan menjadi pilihan utama dari pelanggan.

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat. Dan selamat berjuang untuk teman-teman yang akan memulai mencoba strategi pemasaran untuk bisnisnya.

Featured Image by Business photo created by bearfotos – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram