Tips Copywriting; 4 Langkah Wajib!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sesuai dengan artikel sebelumnya, setidaknya dalam tips copywriting ada empat langkah yang wajib dilakukan jika ingin menjadi seorang copywriter;

  • Mempelajari produk atau layanan yang ingin dituliskan atau dipromosikan (Product Knowledge)
  • Memahami kebutuhan target market atau audiens pada produk atau layanan yang dipromosikan
  • Menentukan headline yang powerfull, kreatif, dan memikat audience
  • Mengakhiri teks dengan persuasi

Berikut kami uraikan penjelasan lengkapnya satu per satu >>>

1. Mempelajari produk atau layanan yang ingin dituliskan atau dipromosikan (Product Knowledge)

tips copywriting

Tanpa mengenali produk, layanan, atau bahkan konten yang ditawarkan, maka tentu saja Anda tidak akan dapat memasarkannya dengan baik dan maksimal. Inilah pentingnya mempelajari tips copywriting yang pertama ini.

Sebenarnya Product Knowledge tidak hanya berlaku untuk copywriter melainkan berlaku bagi semua orang yang bekerja untuk sebuah perusahaan.

Setelah menulis knowledge tentang produk, lalu tulislah deskripsi produk. Untuk kemudahan dalam penulisan deskripsi produk, coba tanyakan tiga hal ini kepada diri Anda:

  • Apa yang unik dari produk ini?
  • Fiturnya apa saja sih?
  • Apa manfaat utama yang didapatkan customer dari fitur ini?

2. Memahami kebutuhan target market atau audiens pada produk atau layanan yang dipromosikan

tips copywriting

Tips copywriting yang kedua ini juga tidak kalah penting, kenapa? Bayangkan saja jika Anda menawarkan seorang sampel kosmetik di Instagram, padahal seseorang tersebut adalah laki-laki dan tidak pernah memakai kosmetik. Ini berarti target audience tidak tepat sasaran dan tidak Anda kenal secara mendalam.

Jadi sebelum menawarkan sesuatu pada audience, sebaiknya ditargetkan dulu target marketnya. Anda bisa meriset terlebih dahulu atau testing kepada beberapa tipikal audience.

3. Menentukan headline yang powerfull, kreatif, dan memikat audience

Sebuah riset menjelaskan bahwa delapan dari sepuluh audiens hanya akan membaca judul atau headline. Artinya, Anda harus menjalankan dengan maksimal tips copywriting yang ketiga ini.

Coba terapkan ketiga trik berikut;

  • Jelaskan manfaat yang anda tawarkan, seperti mengganti kalimat “Cara Mudah Menghemat Waktu Kerja” menjadi “Kerja Selesai 3 Jam lebih Awal dengan 5 Trik Ini”.
  • Buat pembaca ingin segera membeli, seperti menggunakan kalimat Misalnya, “Hanya Hari Ini! Diskon 50% Untuk Semua Produk”.
  • Cantumkan persentase, seperti mengganti kalimat “Kiat Meningkatkan Traffic Website” menjadi “11 Kiat Meningkatkan Traffic Website Sebesar 37,5%”.

4. Mengakhiri teks dengan persuasi

Apapun tujuan teks copywriting, selalu berikan ajakan untuk melakukan aksi yang diinginkan pada bagian akhir seperti membeli produk, subscribe sebuah konten, daftar newsletter, atau lainnya.

Ajakan tersebut adalah call-to-action atau CTA berupa tombol, banner, atau formulir yang berisi perintah bagi audiens. Penggunaan CTA yang paling sering digunakan biasanya seperti “Mulai Sekarang”, “Belanja Sekarang”, “Pelajari Selengkapnya” atau “Daftar Sekarang”.

Terima kasih selalu meluangkan waktu untuk membaca artikel OrderOnline.id, semoga bermanfaat.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram