CRM; Customer Relationship Management. Berikut Penjelasannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

CRM adalah singkatan dari Customer Relationship Management. CRM sendiri adalah suatu strategi bisnis yang dirancang untuk mengelola hubungan dan interaksi organisasi dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan dan tentu saja tujuan pada akhirnya adalah mendapatkan keuntungan. Sistem CRM juga dikenal sangat membantu perusahaan agar tetap terhubung dengan pelanggan, merampingkan proses, dan meningkatkan profitabilitas.

Lebih jelasnya, berikut beberapa penjelasan Ahli terkait Customer Relationship Management;

  • Menurut Yahya (2008), Customer Relationship Management adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan. Dengan demikian melalui CRM perusahaan dapat melakukan pendekatan sehingga dapat menarik sejumlah informasi mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan;
  • Menurut Kotler dan Keller (2008), Customer Relationship Management adalah proses mengelola informasi rinci tentang pelanggan perorangan dan semua titik kontak pelanggan secara seksama untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan;
  • Menurut Newell (2011), Customer Relationship Management adalah sebuah modifikasi dan pembelajaran perilaku konsumen setiap waktu dari setiap interaksi, perlakuan terhadap pelanggan dan membangun kekuatan antara konsumen dan perusahaan.
crm
Business vector created by macrovector – www.freepik.com

Setelah selesai dalam pendefinisan dan pengertian, yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah; mengapa CRM penting dalam sebuah bisnis?

Perlu diketahui bersama, bahwa Customer Relationship Management sangat memungkinkan bisnis anda untuk memperdalam hubungannya dengan pelanggan, pengguna layanan, rekan kerja, dan sebagainya. Menjalin hubungan baik dan melacak prospek dan pelanggan sangat penting untuk akuisisi dan retensi pelanggan, yang merupakan inti dari fungsi CRM.

Anda dapat melihat semuanya di satu tempat dasbor simpel yang dapat disesuaikan. Juga dapat memberi tahu riwayat pelanggan sebelumnya, status pesanan mereka, masalah layanan pelanggan, dan banyak lagi. Hebat bukan?

Kedepannya, untuk bisnis yang berpikiran inovatif, CRM adalah sebuah kerangka kerja strategi yang sangat bermanfaat dan bisa diandalkan.

Sebuah sistem CRM harus bisa menjalankan fungsi:

  • Mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan.
  • Mengusung falsafah customer-oriented (customer centric)
  • Mengadopsi pengukuran berdasarkan sudut pandang pelanggan
  • Membangun proses ujung ke ujung dalam melayani pelanggan
  • Menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna
  • Menangani keluhan/komplain pelanggan
  • Mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
  • Membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan (wikipedia).

Melihat perkembangan bisnis yang sangat pesat, sudah seharusnya para business owner memikirkan pentingnya kehadiran CRM dalam sebuah bisnis.

Namun, jangan khawatir. OrderOnline dengan banyak macam fitur yang dimiliki, salah satunya adalah fitur CRM ini sendiri. Anda bisa cek selengkapnya disini OrderOnline Features.

Saatnya berkembang pesat dengan OrderOnline.

Featured Image by Banner vector created by vectorpouch – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram