Video Marketing; Pengertian dan Kelebihannya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Metode marketing yang penggunaannya memanfaatkan pemakaian video di platform online sebagai media utama, itulah pengertian sederhana dari video marketing.

Di media sosial seperti YouTube, Tiktok, Instagram, dan lainnya dapat dengan mudah kita temui. Kenapa Anda harus memanfaatkan atau memaksimalkan penggunaan video marketing?

Berikut kami uraikan beberapa alasannya >>>

1. Video Membantu Konsumen Memahami Produk Anda

video marketing

Sebuah riset dari HubSpot mengatakan bahwa 87 persen customer menginginkan sebuah bisnis atau perusahaan agar merilis lebih banyak video ke depannya.

Kita tahu sendiri bahwa kadang-kadang customer malas membaca sampai selesai mengenai detail sebuah produk. Sedangkan di sisi lain, jika mereka tidak memahami kelebihan produk, maka kemungkinan untuk melakukan transaksi atau membeli pun akan semakin kecil.

Nah, saatnya menggunakan video untuk membantu customer memahami produk Anda tanpa perlu membaca teks yang panjang.

2. Penggunaan Video Yang Terus Meningkat

Lagi-lagi sebuah sebuah riset menunjukkan bahwa pada setiap tahun penggunaan video pada sebuah bisnis atau perusahaan terus meningkat. Jika Anda memang benar-benar ingin memaksimalkan bisnis Anda, mengikuti perkembangan yang ada, mengikuti tren yang ada, maka manfaatkanlah video pada bisnis Anda.

3. Video Terbukti Meningkatkan Conversion

video marketing

Alasan utama penggunaan video banyak digunakan oleh sebuah bisnis maupun perusahaan adalah tentu karena meningkatkan conversion. Berdasarkan sebuah survey dari Wyzowl, sebanyak 72 persen pelaku bisnis menyatakan video dapat membantu mereka meningkatkan conversion bisnis secara signifikan.

Dan kita sama-sama tahu bahwa jika conversion semakin tinggi, maka semakin tinggi pula peluang keuntungan yang akan didapatkan.

4. Customer Lebih Suka Membagikan Video

Berdasarkan sebuah riset dari Mill for Business, sebanyak 92 persen customer membagikan video yang menarik ke teman-temannya. Apa kesimpulan sederhana yang bisa ditarik?

Jadi ketika Anda memposisikan diri sebagai business owner maka tugas Anda adalah memastikan produksi video benar-benar menarik agar bisa disebar secara menyeluruh oleh orang-orang yang menyaksikannya. Selain membangun brand awareness, tentu penjualan adalah pencapaian yang diinginkan.

5. Video adalah Masa Depan Marketing

video marketing

Berdasarkan laporan dari Cisco, sebanyak 80 persen trafik internet pada tahun 2019 dan tahun-tahun berikutnya akan didominasi oleh video dan diperkirakan akan terus meningkat.

Laporan ini bisa menjadi trigger untuk semua bisnis owner agar segera memanfaatkan video marketing. Ingat, video lebih menarik dibanding dengan jenis konten lainnya.

Featured image by Sale photo created by tirachardz – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram