Keyword Tools Gratis Terbaik? Yuk Simak!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pastinya kamu ingin memiliki website atau blog yang akan ditempatkan di peringkat atas hasil pencarian di Google kan? Tenang saja, karena sekarang sudah banya keyword tools yang bisa membantu kamu untuk mencapai peringkat teratas itu.

Lalu, apa saja keyword tools yang bisa membantu kamu? Berikut 3 keyword tools gratis yang bisa jadi referensi kamu >>>

Sebelum memulai dengan google search, ada sedikit tips untuk kamu. Saat melakukanlah pencarian Google gunakan mode incognito atau guest window. Tujuannya, agar hasil pencarian tetap akurat tanpa dipengaruhi riwayat pencarian sebelumnya.

Google search adalah keyword tool paling sederhana dan mudah digunakan. Alasannya, Google Search mampu memberikan rekomendasi kata kunci terkait pencarian kamu secara instan.

Katakanlah kamu sedang mencari kata kunci “OrderOnline.id” di Google Search. Maka akan muncul dropdown beberapa kata kunci turunan.

Dengan melihat rekomendasi kata kunci turunan yang ditampilkan, maka kamu bisa mengetahui informasi apa yang sedang dibutuhkan dan paling banyak dicari oleh pengguna Google seputar topik tersebut. Inilah yang kemudian bisa kamu jadikan ide konten.

keyword tools

Google Trends bisa membantu kamu mendapatkan kata kunci terbaik untuk konten Anda. Tool ini memiliki akses data yang didapat dari hasil pencarian real time Google. 

Berikut beberapa kelebihannya >>>

  • Memiliki filter pencarian menurut wilayah
  • Menampilkan daftar topik yang sedang hangat
  • Menampilkan Perkembangan suatu topik dari tahun ke tahun
  • Memiliki fitur dan navigasi yang mudah digunakan
  • Memberikan kata kunci yang relevan dengan topik.
  • Dapat membandingkan beberapa kata kunci sekaligus.
  • Dapat menampilkan data keyword dari web, Google Image, Google News, Google Shopping, hingga YouTube.

Dengan keunggulan Google Trends di atas, Anda dapat mengukur mana keyword dengan tingkat pencarian yang tinggi atau cocok untuk wilayah tertentu. Selanjutnya, tinggal menentukan keyword mana yang akan digunakan.

3. Google Keyword Planner

Tool ini mendukung riset keyword untuk bisnis. Misalnya, mencari keyword ads (iklan) yang mendukung conversion rate.

Di dalam Google Keyword Planner, terdapat dua fitur utama, yaitu Discover New Keywords dan Get Search Volume and Forecast. 

  • Discover New Keywords, dapat mencari hingga 10 kata kunci yang berhubungan sekaligus. Atau, bisa juga mencari kata kunci yang relevan dengan domain atau website kamu. Kamu juga bisa tahu tingkat pencarian kata kunci sekaligus tingkat persaingannya untuk bisa menjadi nomor satu di hasil pencarian. 
  • Get Search Volume and Forecast, kamu bisa mendapatkan  informasi spesifik seputar paid search dan performa keyword agar dapat memetakan strategi keyword ads.

Dengan banyaknya informasi yang disediakan, Google Keyword Planner bisa membantu kamu memperkirakan mana keyword yang potensial untuk digunakan.

Semoga artikel yang kami sediakan selalu bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca 🙂

Featured image by Background photo created by 4045 – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram