Omnichannel Adalah: Pengertian dan Kelebihannya

Platform yang bisa kita lakukan untuk berjualan online

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Omnichannel berasal dari kata omni yang berarti universal atau umum. Adapun channel berarti saluran. Dengan demikian, omnichannel adalah fitur yang mengintegrasikan banyak saluran agar bermuara dalam satu ruang digital.

Omnichannel memungkinkan pengguna mengelola seluruh saluran melalui satu halaman saja. Tidak heran jika fitur ini banyak digunakan oleh para pebisnis, baik kalangan perusahaan hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kelebihan Menggunakan Omnichannel

Hari ini, hampir seluruh penjual dan pembeli online bisa menikmati layanan omnichannel di Indonesia. Apa saja kelebihan teknologi omnichannel yang telah berhasil menggantikan teknologi multichannel yang banyak digunakan sebelumnya? Berikut penjelasannya:

1. Lebih Efektif Melayani Konsumen

Salah satu perbedaan omnichannel dan multichannel yang paling signifikan terletak pada sistem pengelolaannya. Kendati keduanya sama-sama memanfaatkan banyak saluran sekaligus, multichannel tidak terintegrasi dalam satu wadah melainkan berdiri sendiri-sendiri.

Omnichannel adalah wadah yang mengumpulkan seluruh transaksi dan pesan konsumen dalam satu muara. Sedangkan multichannel mengharuskan Anda membuka saluran channel satu per-satu untuk mengecek transaksi dan pesan pembeli.

Melalui perbandingan di atas, dengan mudah kita dapat menyimpulkan bahwa omnichannel jauh lebih efektif untuk kegiatan penjualan secara digital. Melalui satu muara informasi, penjual bisa meng-handle seluruh pesanan melalui satu halaman saja.

Baca juga: Cara Sukses Untuk Menarik Banyak Konsumen

2. Memperluas Jaringan Konsumen

Selain memudahkan pengelolaan, omnichannel adalah teknologi terbaik untuk menjangkau pasar konsumen lebih luas. Anda bisa menemukan konsumen potensial dalam berbagai platform yang menyediakan berbagai fitur iklan efektif.

Semakin luas jangkauan pasar, tentu semakin tinggi peluang penjualan. Belum lagi setelah ditopang dengan sistem interaksi efektif melalui omnichannel. Penjual lebih mudah berinteraksi dengan pembeli dan pembeli tidak perlu menunggu respon penjual dalam waktu lama.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Mempengaruhi Konsumen Agar Closing

3. Meringankan Biaya Operasional

Sebagaimana sudah kita bahas, cara kerja omni channel adalah mengumpulkan seluruh transaksi dan pesan konsumen dalam satu wadah. Dengan demikian, satu ataupun 2 orang admin pun memungkinkan untuk mengelola sebuah bisnis UMKM yang sedang berkembang.

Dengan demikian, perusahaan dapat meminimalisir biaya operasional karyawan. Selain efektivitas biaya, omnichannel juga meningkatkan efektivitas waktu dan energi karena tidak perlu membuka berbagai saluran berkali-kali.

4. Penyedia Omnichannel Terus Berkembang

Di tengah puncak era jual beli online, teknologi omnichannel juga berkembang cepat. Tercatat, ada puluhan aplikasi omnichannel yang beroperasi di Indonesia. Masing-masing menawarkan kelebihan serta fitur khas untuk menarik minat para pemilik usaha.

Kemunculan di Indonesia tentu menjadi kabar baik bagi segenap pengusaha di Indonesia. Kini, Anda lebih leluasa memilih omnichannel yang mempunyai fitur serta harga sesuai.

Adapun perusahaan yang menerapkan omnichannel di Indonesia antara lain Gramedia, Living World Indonesia, dan Mamme Kids. 

5. Dilengkapi Berbagai Fitur Penjualan Lain

Bisnis merupakan urusan yang sangat kompleks. Bukan hanya membuat iklan dan melayani transaksi konsumen, pengusaha juga harus mengelola stok produk, pencatatan atau akuntansi, analisis penjualan, dan masih banyak lagi.

Saat ini hampir seluruh penyedia layanan omnichannel memahami kebutuhan tersebut. Kini, omnichannel adalah layanan penjualan yang kompleks. Tidak hanya menyambungkan seluruh saluran, omnichannel juga menyediakan fitur-fitur lain seperti manajemen toko, gudang, keuangan, stok barang, hingga analisis barang.

Dari penjelasan di atas, kita dapat memahami bahwa omnichannel adalah teknologi yang mengintegrasikan banyak saluran penjualan dalam satu muara sehingga memudahkan penjual mengelola seluruh transaksi tersebut. Semoga ulasan ini membantu.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram