Brand awareness adalah: Pentingnya dan Cara Meningkatkannya

illustrasi Brand

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebuah produk tentunya memiliki brand. Dalam memperkenalkan produknya, perusahaan tentu berusaha membangun brand awareness dari produk tersebut. Brand awareness adalah istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah brand dikenal masyarakat.

Pernahkah Anda langsung bisa menebak suatu brand hanya dari melihat logo ataupun warnanya saja? Secara tidak sengaja produk tersebut telah berhasil membangun brand awareness di masyarakat. 

Pentingnya Brand Awareness

Secara umum brand awareness adalah kemampuan menunjukkan bagaimana pelanggan mengenali brand atau produk yang Anda jual. Konsumen biasanya cenderung akan membeli barang yang telah dikenali atau telah dilihat sebelumnya. 

Biasanya produsen atau perusahaan akan melakukan berbagai cara untuk membangun brand awareness ini, mulai dari iklan di berbagai  platform hingga promosi besar-besaran. Hal tersebut merupakan cara agar produk mereka dikenal secara luas. 

Jika sebuah produk telah dikenal, maka masyarakat akan cenderung membelinya. Dan jika produk tersebut berkualitas baik, maka bisa mempengaruhi kepercayaan konsumen. 

Selain untuk membangun kepercayaan konsumen, brand awareness adalah cara untuk membuka beberapa peluang, seperti mendapatkan penglanggan yang lebih banyak, menjaga agar pelanggan tetap setia pada brand tersebut, serta bisa menjadi strategi jangka panjang.

Peran brand awareness yang sangat penting tersebut menjadikannya langkah yang penting dalam pemasaran produk.

Baca juga: Brand Awareness? Mengapa Penting? Yuk Simak!

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Ada beberapa cara meningkatkan brand awareness yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Mengoptimalkan Penggunaan Media Sosial dan Website

Media sosial dan website menjadi platform yang cocok digunakan untuk brand awareness. Anda bisa membuat media sosial resmi dari brand milik Anda di berbagai sosial media dan website. Optimalkan fitur dari setiap media sosial tersebut agar dapat dilihat banyak orang.

2. Menggunakan Konten Marketing yang Berkualitas

Saat memposting sebuah konten di media sosial, jangan hanya berfokus pada promosi produk. Anda juga perlu membuat konten yang menarik bagi audience. Anda bisa menerapkan teknik storytelling yang baik pada setiap konten.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan slogan khusus untuk brand Anda. Pada umumnya slogan akan diingat konsumen dalam jangka waktu lama sehingga brand awareness dapat lebih mudah terbentuk.

3. Menerapkan SEO

Penerapan SEO membuat brand dan konten yang Anda hasilkan khususnya di website menjadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari. Anda bisa mempelajari teknik SEO yang berguna untuk promosi brand atau produk Anda tersebut.

Baca juga: Teknik SEO ala Neil Patel Pakar Digital Marketing

4. Bekerjasama Dengan Influencer 

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan bekerja sama dengan influencer. jika influencer yang memiliki banyak pengikut mempromosikan produk Anda, maka akan memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran orang akan bisnis Anda.

Pilihlah influencer dengan niche yang sama, personality yang sesuai, serta kecocokan konten yang dihasilkan sesuai dengan brand atau produk Anda. Misalnya saja jika produk Anda berupa makanan, maka Anda bisa bekerjasama dengan food vlogger.

5. Mensponsori Acara

Cara yang satu ini bisa Anda coba untuk meningkatkan brand awareness produk Anda. dengan menjadi sponsor acara, Anda bisa menampilkan brand Anda di depan banyak orang. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan awareness banyak orang tentang brand Anda tersebut.

Jenis-jenis Brand Awareness

Brand awareness dapat dibedakan menjadi tiga jenis, tergantung pada persepsi pentingya brand oleh kelompok sasaran. Berikut tiga jenis brand awareness

  • Pengakuran merek, yaitu ketika konsumen dapat mengenali brand dan membedakannya dengan brand lain, baik dari bentuk maupun warnanya.
  • Brand recall, yaitu konsumen dapat mengingat nama brand dari sebuah produk.
  • Top of mind awareness, yaitu sekumpulan 3 brand yang selalu dibeli pelanggan.

Brand awareness adalah bagian penting dalam pemasaran produk. Oleh karena itu sangat penting untuk membangun brand awareness secara luas di masyarakat. 

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram