IGTV Untuk Perkembangan Bisnis?

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

IGTV (Instagram TV) adalah fitur milik Instagram untuk berbagi konten video dengan durasi yang lebih panjang. Pihak Facebook sendiri mengatakan kalau kini IGTV merupakan fitur yang diutamakan dan menjadi prioritas utama agar lebih banyak penontonnya.

Jadi sebagai pemilik sebuah bisnis, anda harus segera mengadaptasi fitur ini lebih cepat dibanding kompetitor.

Kenapa IGTV Penting Bagi Pebisnis?

Dari sisi konsumen, kini perilaku melihat video dengan durasi yang lama sudah menjadi trend. Ini ditandai dengan hadirnya Youtube sebagai aplikasi paling sering digunakan di Indonesia.

Anda sebagai pemilik bisnis harus memanfaatkan perilaku ini.

IGTV merupakan salah satu channel berbagi video yang bisa anda gunakan. Dengan konten yang lebih panjang dan lengkap, anda bisa memiliki ruang lebih besar untuk menyampaikan nilai bisnis yang lebih banyak kepada konsumen.

Tips Menggunakan IGTV Untuk Promosi Bisnis

Berikut beberapa tips menggunakan IGTV untuk mengembangkan bisnis online anda >>>

1. Vidoe BTS “Behind The Scene”

igtv

Bagikan beberapa kegiatan bisnis anda di Instagram seperti proses di belakang layar. Sudah terbukti video proses di belakang layar ini mampu membangun kepercayaan follower karena bisnis anda terlihat sungguhan.

Banyaknya scammer dan penipu di internet membuat konsumen menjadi lebih sulit bertransaksi dengan bisnis yang baru dia tahu. Jadi anda butuh membuat mereka percaya yang salah satu caranya adalah seperti ini.

Btw, jangan lupa untuk membuat videonya lebih menyenangkan ya misalnya minta para pegawai anda atu anda sendiri tersenyum ke kamera untuk memberikan citra ramah dan menyenangkan.

2. Menyediakan Konten yang Informatif dan Edukatif

igtv

Metode marketing ini paling banyak disukai karena sifatnya tidak hard selling. Jadi jangan ujuk-ujuk langsung melakukan penawaran produk dan melakukan penjualan produk.

Bangun terlebih dulu awareness calon customer terhadap bisnis anda.

Sebenarnya metode ini sudah lama dibuat di chanel-chanel lain, namun kelebihannya IGTV bisa menyediakan video dengan durasi yang lebih panjang dibanding fitur lainnya yang ada di Instagram.

3. Cross Promote Video IGTV Di Instagram

Instagram telah menyediakan fitur agar video di IGTV juga bisa ditonton cuplikan singkatnya di feed dan story.

Dengan cara ini, user akan diarahkan untuk menonton versi lengkapnya ketika tayangan videonya terpotong. Jadi pastikan beberapa detik pertama konten video anda cukup menarik dan bikin orang penasaran untuk melanjutkan tontonannya.

4. Optimasi Judul dan Deskripsi Video

Instagram membolehkan anda menulis maksimal 75 karakter untuk judul video. Namun bagian tersebut akan terpotong yang akan menjadi 50 karakter ketika ditampilkan di halaman feed Following atau Popular.

Jadi pastikan keyword yang penting taruh di bagian depan atau kalau bisa jangan melebih 50 karakter itu saat memberi judul. Jangan lupa untuk memasukkan hashtag yang relevan agar jangkauannya lebih luas seperti yang anda lakukan di Insta Story atau postingan biasa.

5. Thumbnail yang Menarik

Sama halnya dengan Youtube, thumbnail yang menarik akan membuat user segera mengklik dan menonton konten tersebut.

Jadi pastikan meluangkan waktu untuk membuat thumbnail yang benar-benar menarik untuk diklik oleh user. Thumbnail yang benar-benar membuat user penasaran dan tidak sabar untuk menontonnya.

Sekian pembahasan pengoptimalan IGTV untuk bisnis teman-teman sekalian. semoga artikel yang selalu kami bagikan bermanfaat. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca.

Featured image by Logo vector created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram