Jenis Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Usaha yang Cocok Untuk Pemula di Pedesaan

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Apa saja jenis usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan? Pedesaan dianggap sebagai kawasan yang memiliki banyak keterbatasan. Meskipun infrastruktur di pedesaan tidak selengkap di perkotaan, namun pedesaan memiliki banyak sekali sumber daya yang bisa dikembangkan. 

Pedesaan memiliki banyak sumber bahan mentah yang bisa diolah. Kebanyakan pedesaan di Indonesia memiliki akses transportasi yang terbatas, sehingga ada baiknya jika memulai usaha yang bisa memenuhi kebutuhan warga desa. 

Anda tidak perlu khawatir dianggap kampungan ketika membuka usaha di pedesaan. Saat ini banyak anak muda yang sudah menyelesaikan pendidikan di kota, lalu kembali lagi ke desa untuk membuka usaha. 

Banyak aspek di pedesaan yang masih bisa dikembangkan. Bahkan banyak dari anak muda tersebut yang mulai membuka usaha di pedesaan secara lebih modern. Ada banyak usaha di desa sukses berkat anak muda yang aktif membangun desa.

Baca juga: Peluang Bisnis Offline di Desa yang Menguntungkan

Cara Bisnis Online Modal Kecil

Jenis Usaha yang cocok untuk di pedesaan

Sebelum membahas usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, Anda perlu mengetahui cara bisnis online modal kecil. Cara-cara tersebut antara lain:

Baca juga: Cara Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Contohnya

1. Memulai dengan Menjadi Reseller atau Dropshipper

Masyarakat pedesaan saat ini sudah banyak yang terhubung dengan jaringan internet. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berjualan secara online

Berjualan online lebih mudah dibandingkan berjualan secara konvensional. Anda dapat memulai bisnis online dengan modal yang kecil, salah satunya dengan menjadi reseller ataupun dropshipper

Bahkan jika berjualan online dengan sistem dropship, Anda tidak memerlukan modal. Cara ini sangat cocok bagi yang bermodal kecil. Anda dapat bekerjasama dengan supplier untuk menjual produk mereka dan Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga penjualan.

Baca juga: Ide Usaha Dropship yang Menguntungkan

2. Promosi Produk Melalui Sosial Media

Di zaman yang serba online saat ini, sebagian besar orang memiliki sosial media, baik masyarakat di perkotaan maupun di pedesaan. 

Anda bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan barang dagangan ataupun jasa dari usaha Anda. Selain mudah, promosi melalui sosial media ini gratis sehingga Anda tidak membutuhkan biaya khusus untuk promosi.

Anda juga bisa mencari contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing untuk Anda jalankan. Ada banyak usaha yang cocok untuk anak muda yang bisa dijalankan di desa. 

Baca juga: Social Media Instagram; Tips Menampilkan Produk

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan dan ingin memulai usaha, berikut usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.  

1. Servis Ponsel 

Saat ini masyarakat pedesaan yang sudah terhubung dengan teknologi. Tidak sedikit dari mereka yang memiliki ponsel ataupun smartphone. Namun, tempat servis resmi dari merek-merek smartphone tersebut tentu saja belum tersedia seperti di perkotaan. 

Anda bisa memanfaatkan kondisi ini dengan membuka usaha servis ponsel. Terutama jika Anda memiliki keterampilan dalam memperbaiki barang-barang tersebut. 

2. Berjualan Pulsa dan Kuota Internet

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya adalah berjualan pulsa dan kuota internet. Kedua barang ini penting karena tanpa pulsa dan kuota, HP yang dimiliki tidak bisa berguna secara maksimal. Usaha ini merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan di rumah.

3. Toko Buah dan Sayuran

Tidak semua desa memproduksi sayuran dan buah-buahan. Jika tinggal di desa seperti itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk berjualan sayuran dan buahan. 

Biasanya pasar di pedesaan letaknya agak jauh dan tidak buka setiap hari. Namun, penduduk desa membutuhkan sayuran untuk dikonsumsi setiap hari. Kondisi ini bisa Anda jadikan peluang usaha di pedesaan.

4. Peternakan Ayam

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya adalah usaha peternakan ayam. Anda bisa memulai usaha ini dengan membeli anak ayam untuk dibesarkan menjadi ayam potong ataupun ayam petelur. 

Jika memulai usaha ini, jangan lupa untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan dalam bisnis peternakan Ayam. Anda bisa memulai dari mencatat harga beli anak ayam, pakan, pembuatan kandang, serta perawatan.

Dengan perhitungan yang baik dan rinci, Anda bisa menentukan harga jual terbaik sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari usaha ini.

5. Pembuatan Kandang

Jika tidak cocok menjadi peternak, Anda bisa memulai usaha di desa dengan menawarkan jasa pembuatan kandang. Usaha ini lumayan menguntungkan jika Anda berada di desa yang didominasi oleh penduduk bermata pencaharian sebagai peternak. 

Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa perawatan dan perbaikan kandang. Beberapa peternak di desa memiliki kandang berukuran industri. Semakin besar usaha tersebut, maka semakin luas pula lahan kandang yang dibutuhkan. 

6. Fasilitas Penyimpanan Pupuk dan Benih

Selain peternakan, bertani menjadi pekerjaan utama di daerah pedesaan. Petani selalu membutuhkan produk penunjang pertanian, seperti benih, pupuk, dan pestisida. Kondisi ini bisa dijadikan peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. 

Namun, jika petani telah memiliki pemasok barang-barang tersebut, Anda bisa menawarkan fasilitas penyimpanan jika mereka tidak memiliki gudang yang cukup. Untuk usaha ini, tentunya Anda memerlukan ruang penyimpanan yang cukup luas. 

7. Guest House

Bagi Anda yang tinggal di desa dengan pemandangan yang indah dan banyak tempat wisata, Anda bisa mulai membuka usaha guest house. Banyak penduduk di perkotaan yang berlibur ke desa untuk menenangkan diri sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Anda bisa memulai usaha ini dengan memanfaatkan ruang-ruang kosong di rumah untuk digunakan sebagai tempat penginapan. Ide usaha ini menjadi salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. 

Promosi usaha ini dapat dilakukan menggunakan sosial media. Anda bisa membuat konten yang bagus dan menarik tentang wisata alam di desa tempat Anda tinggal agar menarik wisatawan untuk berkunjung. 

Selain membuka usaha untuk mendapatkan penghasilan, Anda juga ikut mempromosikan pariwisata di tempat tinggal Anda. Usaha ini bisa dijadikan usaha jangka panjang di desa jika semua warga desa saling membantu dan bekerja sama untuk memajukan pariwisata desa.

8. Membuka Jasa Jahit dan Bordir 

Salah satu keahlian yang sering dibutuhkan masyarakat adalah keahlian menjahit. Jika memiliki keahlian ini, Anda bisa membuka usaha jasa tersebut di desa. Mengingat di daerah pedesaan tidak memiliki desainer besar, maka jasa ini sering dibutuhkan masyarakat.

9. Salon atau Pangkas Rambut

Untuk membuka jasa penataan rambut, tentunya Anda harus memiliki keterampilan yang mumpuni. Anda juga perlu memiliki selera yang bagus serta mengikuti tren rambut terkini.

Jika sasaran konsumen Anda perempuan, Anda bisa mendirikan salon dan menawarkan jasa potong rambut serta perawatan tubuh lainnya. Namun, jika target konsumen Anda laki-laki, maka Anda bisa mendirikan tempat pangkas rambut. 

10. Bengkel dan tempat Cuci Motor

Baik di perkotaan maupun dipedesaan pasti membutuhkan jasa bengkel motor. Selain itu, mereka juga akan suka jika kendaraannya bersih. Anda bisa membuka usaha ini di desa tempat Anda tinggal. 

Mengapa harus kendaraan motor? Tentu saja karena sebagian besar penduduk desa menggunakan motor untuk kegiatan sehari-hari, sehingga jumlah motor di pedesaan juga lebih banyak. 

11. Mendirikan Usaha Waralaba

Bagi Anda yang memiliki modal lumayan besar, waralaba bisa dijadikan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

Ada banyak usaha waralaba yang bisa Anda pilih. Mulai dari apotek, SPBU, dan lain sebagainya. Pilihlah usaha waralaba yang benar-benar dibutuhkan di desa Anda, sehingga Anda bisa memiliki banyak pelanggan. 

Demikian usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang bisa Anda coba. Pilihlah usaha yang menjanjikan dan benar-benar cocok serta dibutuhkan di desa Anda. Pertimbangan ini tentunya agar usaha yang Anda lakukan laku dan mendapatkan keuntungan. 

Baca juga: Strategi Marketing Online Untuk Bisnis Anda

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram