Kerja Tim Yang Efektif Menurut OrderOnline

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sudah bukan rahasia umum lagi, bahwa dalam membangun sebuah bisnis besar, atau dalam membangun sebuah awal dari bisnis, dibutuhkan kerja tim yang efektif dan efisien. Sebab hal ini sangat berpengaruh bagi jalannya roda bisnis ke depan.

Tapi apasih penjelasan lebih mendalam tentang hal tersebut? atau kerja tim? atau tim efektif? beserta cara-cara apa yang harus dilakukan sebuah perusahaan dalam membangun sebuah cara kerja sebuah tim yang efektif?

Tim kerja efektif dan efisien adalah sebuah sistem yang dibangun kepada tim untuk lebih memudahkan segala pekerjaan sebuah perusahaan. Tidak menutup kemungkinan, pekerjaan yang biasanya dilakukan dalam waktu seminggu, bisa selesai hanya dalam sehari saja.

Nah, tim OrderOnline.id telah merangkum beberapa cara untuk membangun sebuah tim yang efektif dan efisien. Berikut penjelasannya;

1. Membangun ikatan emosional

Sebelum berbicara banyak tentang jurus jitu lainnya, hal pertama yang harus dilakukan perusahaan pada tim kerjanya adalah membangun sebuah ikatan emosional. Kenapa? karena ikatan kerja tidak cukup untuk membangun sebuah perusahaan menjadi lebih besar lagi.

Membuat tim merasakan rasa kepemilikan kepada perusahaan adalah hal yang penting. Banyak perusahaan di luar sana memposisikan mereka sebatas seseorang yang bekerja untuk perusahaan. Padahal mindset ini sudah jauh tertinggal, yang utama adalah memposisikan semua pekerja sebagai seseorang yang juga memiliki perusahaan dan bertanggung jawab penuh terhadap perusahaan.

2. Memiliki visi misi yang sama

Sebuah perusahaan harus menjelaskan secara detail mengenai apa visi misi ke depan, agar semua bagian dari perusahaan bisa memahami lebih dalam tentang gerak roda perusahaan.

Juga bisa lebih menentukan arah kerjanya sesuai dengan visi misi perusahaan. Agar semua bagian berjalan sesuai dengan koridor tujuan perusahaan.

3. Komposisi yang tepat

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Perusahaan harus lebih mengamati potensi dari masing-masing pegawainya. Orang yang tepat harus ditempatkan di posisi yang tepat, begitu sebaliknya. Hal ini tentu akan membangun sebuah efektifitas dan efisiensi.

4. Membangun suasana bahagia di tempat kerja

kerja tim
Characters of people holding positive emoticons illustration

Cara yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Google, Youtube, dan banyak perusahaan besar lainnya adalah membangun suasana bahagia di tempat kerja.

Mereka menyediakan ruangan khusus bagi para pegawai untuk berisitirahat sejenak dengan bermain game, ruang baca, ruang sharing, dan ruangan-ruangan kreatif lainnya.

Ini adalah hal penting yang harus ditanamkan oleh sebuah perusahaan yang ingin lebih berkembang. Sebab bekerja terus-menerus dengan kejenuhan adalah hal yang membangun energi kemunduran bagi perusahaan.

Beberapa software juga dapat kalian gunakan untuk membantu produktivitas team, beberapa diantaranya ada Jira, Asana dan Monday.

Jika perusahaan kalian bergerak di bidang jual beli online. Selain bisa membantu memanage Orderan yang masuk, OrderOnline.id juga memiliki fitur untuk membantu kalian dalam memanage tim jualan kalian. Dari mulai mengatur peran setiap anggota tim, porsi kerja sampai dengan melihat laporan performa tim kalian.

Cek sekarang di http://orderonline.id/

Featured image from People vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram