Unique Selling Point (USP)? Yuk Simak!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Seperti namanya, Unique Selling Point (USP) adalah keunikan yang membedakan bisnis Anda dari bisnis sejenis lainnya. Apa yang menjadi identitas bisnis Anda yang tidak dimiliki bisnis yang lain. Begitula kira-kira poin pentingnya.

Bisa dikatakan, kalau USP ini adalah salah satu alasan utama kenapa konsumen rela merogoh koceknya untuk membeli produk dari Anda, bukan dari kompetitor.

Jika semua bisnis menawarkan produk yang sama, calon konsumen pasti kebingungan harus memilih yang mana, bukan? Ujung-ujungnya, mereka pasti membeli dari penjual yang memberikan mereka keuntungan lebih dibandingkan dengan yang lainnya. Nah, keuntungan inilah yang dinamakan USP.

3 Tips Cara Menentukan Unique Selling Point dari Bisnis Anda

  • Ketahui Apa yang Sebenarnya Konsumen Inginkan
  • Berikan Kepuasan Batin Kepada Konsumen
  • Pelajari Kompetitor

Poin;Ketahui Apa yang Sebenarnya Konsumen Inginkan

unique selling

Misalnya, Anda punya bisnis kuliner. Selain menghilangkan lapar, apa yang konsumen inginkan? Jawabannya bisa saja dari harga, rasa makanan, kualitas customer service, kebersihan, keramahan pelayan, kecepatan pemesanan, dan lain sebagainya. Aspek-aspek yang mengikuti dibalik alasan utama (makan/menghilangkan lapar) inilah yang sebenarnya bisa Anda jadikan Unique Selling Point.

Poin; Berikan Kepuasan Batin Kepada Konsumen

Salah satu contoh Unique Selling Point terbaik untuk ini adalah iPhone.
Mayoritas orang membeli iPhone bukan karena speknya atau teknologinya yang canggih. Melainkan karena gengsi, produk terbatas, dan eksklusifitas yang ditawarkannya. Dengan kata lain, kepuasan batin.

Poin; Pelajari Kompetitor

unique selling

Mempelajari bukanlah meniru. Melainkan, cari tahu apa yang kurang dari mereka sehingga bisa dijadikan inspirasi untuk membentuk Unique Selling Point bisnis Anda sendiri. Dengan kata lain, menggunakan kelemahan kompetitor untuk keuntungan Anda.

Manfaat dan Keunggulan USP

unique selling

Sebelumnya Anda harus mengenali apa dulu kelebihan jasa atau produk yang anda tawarkan. Apa yang diinginkan oleh pelanggan adalah keuntungan apa yang mereka dapatkan dari jasa atau produk anda. Bagaimana produk atau jasa yang anda tawarkan dapat mengatasi masalah atau memperbaiki hasil yang didapatkan oleh pelanggan anda.

Kunci utama untuk mendorong pelanggan anda membeli jasa atau produk yang anda tawarkan adalah dengan menawarkan keuntungan melebihi apa yang ditawarkan oleh pesaing anda. USP anda harus fokus terhadap hal hal berikut:

  • Keuntungan apa yang paling penting yang dapat ditawarkan bagi pelanggan anda;
  • Keuntungan apa yang hanya dapat ditawarkan oleh anda bukan pesaing anda;
  • Cantumkan dalam kalimat yang mudah dimengerti, pendek dan unik;

Melalui USP, anda harus menunjukkan kepada pelanggan bahwa produk Anda berbeda dan unik sehingga pelanggan akan memilih produk Anda.

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Featured Image by Abstract photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram