Font Gratis? Berikut 5 Rekomendasi Website!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Typography adalah satu dari hal penting yang bisa membuat kualitas pada setiap konten. Font yang tidak menarik hanya akan membuat jauh bagi yang melihatnya, Mau font yang tidak berbayar? Kamu bisa mendapatkannya di website font gratis. Agar dapat menentukan font atau typography pada konten atau websitmu agar terlihat lebih menarik dan berkualitas. 

Sebelum memulai mendownload dan menggunakan font gratis yang disediakan, ketahui dulu bahwa hanya yang punya lisensi free yang bisa digunakan.

Berikut rekomendasi website download font gratis yang bisa jadi referensi kamu;

1. Google Font

font gratis

Pasti sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Google Font telah terbukti menyediakan banyak font gratis yang terbaik. Website ini sendiri telah banyak digunakan oleh front end developer. Beberapa font terbaik seperti Montserrat, Open Sans, Roboto, dan banyak lainnya tersedia di website ini.  

Google font pun juga menawarkan CDN yang cepat dan nyaman, sehingga akan membuat mudah untuk memasukkan font dan digunakan ke website tanpa perlu lagi meng-host-nya terlebih dahulu. Website ini pun bersifat open-source, kamu bisa bebas menggunakannya untuk komersial. Instant bukan?

2. Font Squirrel

Font Squirrel menjadi salah satu website download font gratis yang telah terpercaya memiliki kualitas yang tinggi. Sebagian besar font yang disediakan telah dilengkapi dengan lisensi komersial sehingga harus memeriksanya dulu sebelum mengunduhnya. 

Font Squirrel pun juga diketahui telah dilengkapi dengan Generator Webfont yang dapat membantu untuk mengonversi font TrueType / OpenType ke webfonts dan Font Identifier. Sehingga dengan mudahnya dapat mendeteksi dan menemukan font berdasarkan gambar.

3. FontSpace

font gratis

FontSpace adalah website yang diketahui telah menyediakan lebih dari 69.000 font gratis dari lebih 5000 desainer. Untuk proyek pribadi yang sedang kamu kerjakan, FontSpace adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa membuat koleksi favorit pribadi untuk selalu mempermudah akses font terbaik, kamu juga dapat menghubungi desainer, dan menyumbangkan beberapa dolar jika kamu berkeinginan. Namun, harus mendaftar sebagai anggota dulu yah.

4. DaFont

DaFont adalah sebuah website dan platform yang menyediakan unduhan font gratis yang sebagian besar mendukung penggunaan pribadi, tetapi ada juga font yang telah memiliki lisensi komersial. Keunggulan DaFont adalah menyediakan fitur yang bisa membuat kamu memilih koleksi font berdasarkan tema yang berbeda seperti font bertema video game, horor, font bertema hari-hari besar, dan banyak lagi lainnya.

5. FontStruct

font gratis

Sudah pada tahu belum? FontStruct adalah sebuah webiste dan platform yang menyediakan pembuatan font untuk pengguna yang ingin membuat fontnya sendiri dengan bentuk geometris. FontStruct diketahui dapat menghasilkan font TrueType menggunakan desain sendiri yang kemudian dapat digunakan dengan aplikasi apapun. Website ini berisi lebih dari 50.000 font, dan hebatnya, semuanya dapat diunduh secara gratis. Kamu bahkan dapat mengkloning font yang telah dibuat oleh pengguna lain untuk keperluan desain font kamu sendiri.

Sudah punya referensi yang cukup bukan? Saatnya memaksimalkan pemanfaatannya. Selamat mencoba. Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Terima kasih 🙂

Featured Image by Abstract vector created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram