,

Pemasaran dan Teorinya Menurut Para Ahli

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

July 11, 2023

Diperbarui

Daftar isi

Pemasaran menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dipahami. Mengapa seperti itu? Jika kamu memahami ilmu marketing dengan baik, hal ini akan sangat membantu kamu dalam berbisnis. Dari pemasaran ini sendiri kamu bisa memenuhi keinginan pelanggan, produk ataupun jasa yang kamu jual akan laris manis, serta brand produk kamu yang akan menjadi memorable di benak pelanggan kamu.

Pemasaran sendiri tentu awalnya dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian naik tingkat menjadi pemenuhan keinginan manusia. Contohnya, kamu tentu membutuhkan air untuk memenuhi rasa haus alias dahaga kamu. Jika air minum tersedia, maka kamu bisa menghilangkan rasa haus kamu.

Namun, seiring berkembangnya peradaban yang didorong berbagai macam aspek kehidupan, akhirnya kamu tidak hanya ingin menghilangkan rasa dahaga kamu. Kamu pun sebagai manusia memiliki keinginan lebih yang dimana air minum tersebut harus bersih dan mudah dibawa. Maka contohnya, muncullah Aqua yang dapat memenuhi dua keinginan kamu di atas tadi.

Untuk memperluas pemahaman kamu mengenai teori ilmu marketing demi memperkuat bisnis kamu, di sini OrderOnline akan bantu jelaskan beberapa teori pemasaran menurut para ahli. Yuk, langsung kita mulai ya!

Philip Kotler

Pemasaran sendiri adalah suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui proses pertukaran. Kotler juga menjalaskan dalam bukunya yang berjudul Marketing Management edisi ke-11; Bahwasannya definisi pemasaran dibagi ke dalam dua aspek yaitu aspek sosial dan aspek manajerial. Pada definisi sosialnya, Kotler menjelaskan aturan pemasaran dalam masyarakat yaitu untuk “memberikan sebuah standar hidup yang lebih tinggi.”

Boyd, Walker, dan Larréché

Pemasaran itu sendiri adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang di antaranya meliputi; Kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.

Hermawan Kertajaya

Dalam bukunya yang berjudul Rethinking Marketing, Hermawan menjelaskan bahwasannya pemasaran adalah sebuah konsep bisnis strategis yang bertujuan untuk meraih kepuasan berkelanjutan bagi tiga stakeholder utama yaitu: pelanggan, anggota internal organisasi, serta para pemegang saham. Marketing itu sendiri adala jiwa dan bukan sebatas bagian tubuh dari organisasi.

Kamu bisa ambil break sejenak di sini. OrderOnline juga mengerti kok, pasti dalam belajar materi yang padat, memang baiknya tidak terlalu kamu buru-buru agar ilmu lebih terserap. Kamu bisa ngeteh dulu, atau boleh juga mampir klik di sini untuk lihat rumah dari OrderOnline. Di sini OrderOnline juga tujuannya ingin membantu kamu dalam belajar. One step at a time, kan?

Baca juga : Pemasaran, Perbaikan Strategi yang Gagal

Kotler dan Armstrong

Pemasaran adalah proses manajerial yang di dalamnya, individu serta kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk-produk dan nilai satu sama lain.

William J. Stanton

Pemasaran merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, dan mendistribusikannya kepada konsumen dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumen.

Assauri

Mengacu pada pengertian manajemen pemasaran yang dapat dikatakan juga memiliki proses yang kompleks karena di dalamnya terdapat perencanaan dan evaluasi; pemasaran digambarkan seperti itu karena selain perencanaan dan evaluasi, di dalamnya juga terdapat pelaksanaan, serta distribusi baik dalam pertukaran maupun hubungan yang mengarah pada keuntungan demi memenuhi kebutuhan hidup.

Basu dan Hani

Pemasaran sendiri meliputi proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga dari barang dan jasa tersebut, hingga proses promosi maupun pendistribusiannya yang keseluruhannya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh keuntungan dari proses pemasaran tersebut.

Dari beberapa teori pemasaran dan pengertiannya menurut para ahli di atas, OrderOnline harap kamu sudah memahami sedikit lebih dalam lagi tentang ilmu marketing. Harapannya, tentu agar kamu bisa lebih melek lagi dalam pemasaran dan marketing secara garis besar. Dengan pemahaman ini juga, kamu bisa lebih mengerti kondisi pasar, produk ataupun jasa kamu, dan tentunya yang paling penting adalah pelanggan kamu.

Salah satu hal yang bisa membantu untuk mempermudah aspek marketing dalam proses bisnis online kamu adalah dengan menggunakan OrderOnline. Dengan bantuan OrderOnline, kamu bisa memangkas waktu dalam proses bisnis online kamu secara keseluruhan. Kamu tertarik untuk coba OrderOnline? Yuk, klik di sini ya!

Mungkin sekian dulu dari OrderOnline pada artikel kali ini. See you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

July 11, 2023

Diperbarui