Mengatur Keuangan Bisnis ala Pebisnis Amerika

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sebuah bisnis akan memanajemen bisnis yang baik, termasuk dalam hal mengatur keuangan. Setiap pebisnis pasti akan memiliki cara masing-masing untuk menyukseskan bisnisnya dalam keuangan. Namun, sebagai referensi, kamu bisa terapkan beberapa kebiasaan mengatur keuangan bisnis ala pebisnis sukses di Amerika.

Data ini ditunjukkan oleh survei Freshbook yang dilakukan di Amerika sekitar tahun 2016. Walaupun data lama, namun ini bisa kamu gunakan sebagai acuan.

Berikut 4 (empat) kebiasaan mengatur keuangan ala pebisnis sukses di Amerika;

1. Mengatur Budget Bisnis Agar Lebih Efisien

mengatur keuangan

Sebanyak 47% pebisnis di Amerika melakukan penyusunan anggaran operasional bisnis dengan sangat efisien. Membuat perkiraan budget harus dibuat demi kelancaran bisnis.

Budget ini biasanya dikenal sebagai neraca bisnis yang terdiri dari pendataan Aktiva (aset) dan Pasiva (liabilitas). Aktiva adalah segala sesuatu yang kamu miliki, seperti gaji, piutang, imbal hasil investasi, dan sebagainya. Sedangkan Pasiva terdiri dari kewajiban pengeluaran, baik utang/cicilan jangka pendek maupun jangka panjang.

Melalui kebiasaan mengatur budget, kamu akan bisa memprediksi dan mengukur keuntungan secara efektif dan efisien sehingga dapat membantu evaluasi.

2. Taat Membayar Pajak dan Manfaatkan Fasilitas Pajak

Sebanyak 52% pebisnis Amerika akan menyisihkan pendapatan untuk membayar pajak sesuai dengan aturan. Sekecil dan sebesar apa pun pendapatan bisnis, maka bayarlah pajaknya.

Penelitian Freshbook lain membuktikan bahwa sekitar 65% pebisnis di Amerika selalu memanfaatkan fasilitas pajak demi memajukan bisnisnya.

3. Menggaji Diri Sendiri

mengatur keuangan

Sebanyak 49% pebisnis Amerika menggaji diri mereka sendiri setelah mendapatkan keuntungan dari bisnis dijalani. Hal yang wajib dilakukan untuk merasakan hasil jerih payah sendiri. Ini adalah bentuk penghargaan terhadap diri sendiri.

Namun, jika ternyata keuntungan bisnis yang kamu peroleh belum sampai mencukupi untuk menggaji diri sendiri, jangan memaksakannya. Mungkin memang belum waktunya. Cukup bersabar dan terus berusaha sampai saat suatu saat kamu dapat dengan mudahnya menikmati hasil jerih payah sendiri.

4. Membayar Utang Secara Teratur dan Tepat Waktu

Membayar utang secara teratur dan tepat waktu merupakan hal yang wajib dilakukan. Bagi pebisnis di Amerika, hal semacam ini tidak boleh dilupakan apalagi sengaja diabaikan.

Karena semakin lama melunasi sebuah utang, maka semakin lama pula bisnis akan merasakan kebebasan. Jadi bayarlah utang jika ada kesempatan, menyicilnya pun tidak masalah, asal bisnis segera terbebas dari utang.

Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Selamat menerapkan, selamat mencoba. Terima kasih 🙂

Featured Image by Business photo created by javi_indy – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram