Word of Mouth Pemasaran Terbaik? Yuk Simak!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Word of mouth terjadi saat seseorang membicarakan sebuah produk yang digunakannya atau mungkin diketahuinya dengan orang lain. Dalam hal ini seseorang memberikan rekomendasi mengenai produk tertentu sehingga orang lain mulai tertarik dengan produk yang dibicarakan.

Membicarakan suatu produk kepada orang lain memang bisa memberikan pengaruh tersendiri bagi orang yang mendengarnya. terlebih lagi bila rekomendasi produk ini dilakukan oleh orang yang mudah dipercaya oleh orang lain.

Kelebihan Word of Mouth

word of mouth
  • Sebagai sumber informasi. Word of mouth pada dasarnya dapat bermanfaat sebagai sebuah sumber informasi mengenai suatu produk barang atau jasa yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Mungkin informasi ini bisa datang dari sekumpulan orang terdekat Anda atau orang yang Anda jumpai setiap hari.
  • Bisa disesuaikan dengan topik pembicaraan. Kemudahannya untuk bisa dibicarakan di setiap situasi dan kondisi. Dalam proses pembicaraan antara orang yang satu dengan yang lain memang selalu ada sebuah topik di dalamnya. Sedangkan merekomendasikan produk tertentu bisa dilakukan pada topik apapun.
  • Iklan informal. Saat seseorang berbicara mengenai suatu produk maka sebenarnya hal ini merupakan bagian dari sebuah promosi. Maka bisa juga pembicaraan yang menyangkut topik pemasaran produk menjadi hal yang menguntungkan terutama bagi perusahaan yang menghasilkan produk yang direkomedasikan.
  • Menyebar secara cepat. Proses pembicaraan sebuah iklan dari suatu produk yang dilakukan dari satu orang ke orang lain sangatlah mudah untuk dilakukan. Jadi rekomendasi mengenai sebuah produk bisa saja menyebar dari satu orang ke orang yang lainnya dalam waktu yang sangat cepat.

Unsur Word of Mouth

word of mouth
  • Pembicara. Pembicara yang membicarakan tentang suatu produk barang atau jasa bisa siapa saja. Misalnya seperti teman atau kerabat dan tetangga serta lainnya.
  • Topik. Dalam hal ini tentunya topik yang dibicarakan oleh seseorang selalu berkaitan dengan barang atau jasa yang ditawarkan dan dijual oleh sebuah perusahaan.
  • Alat. Yang dimaksud disini adalah alat yang digunakan untuk menyebarkan sebuah topik. Digunakan oleh pembicara sehingga topik dapat dibicarakan dan pesan dari topik itu bisa tersampaikan.
  • Partisipasi. Suatu topik tentu saja hanya akan dibicarakan jika terdapat pembicara dan topik. Selain itu dibutuhkan pula kehadiran orang lain yang bersedia untuk turut berpartisipasi ke dalam proses pembicaraan tersebut.
  • Pengawasan. Pengawasan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk melihat dan memantau respon atau perilaku konsumen.

Semoga artikel yang selalu kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

Featured image by Woman photo created by standret – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram