UMKM Go Online? Berikut 4 Rahasia Suksesnya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Ada 4 rahasia sukses UMKM siap GO Online! Apa saja? Nah sebelum membahasnya secara mendalam, berikut beberapa fakta yang harus kita ketahui terlebih dahulu. UMKM di Indonesia yang sudah go online baru sekitar 15% saja. Atau lebih tepatnya, hanya 9,4 juta dari 64 juta UMKM yang sudah eksis di dunia digital. Baru tau yah? Begitulah faktanya.

Tentu hal ini sangat disayangkan. Menga[a? Karena, ada banyak peluang yang bisa diraih oleh UMKM melalui platform digital. Mulai dari potensi transaksi yang tinggi hingga kemudahan untuk menjangkau konsumen. Peluang ini pun kian bertambah sejak adanya pandemi COVID-19.

Dan fakta yang agak menyedihkan yaitu masih banyak UMKM yang belum memanfaatkan peluang ini. Alasannya variatif, mulai dari kurangnya kesiapan SDM hingga keterbatasan akses internet.  

Nah, menurut Jacob WinKetua Pusat Bisnis dan Kewirausahaan Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) ada beberapa solusi atas permasalahan tersebut.

Apa saja solusi tersebut? Yuk simak 4 rahasia UMKM siap go online menurut Jacob Win;

1. Mindset Untuk Go Online

umkm go online

Menurut Jacob, mindset merupakan salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan oleh UMKM. Karena mindset dapat memotivasi pemilik UMKM untuk melakukan transformasi digital.

“Mayoritas pemilik UMKM masih memiliki mindset konvensional. Dalam artian, mereka masih melakukan aktivitas bisnis hanya untuk makan hari ini. Sehingga mereka tidak berpikir jauh ke depan”, ujar Jacob.

Dampaknya, masih sedikit UMKM yang menganggap transformasi digital sebagai strategi bertahan untuk jangka panjang. Karena pencapaian bisnis hari ini dianggap sudah cukup.

Mengandalkan sumber daya yang dimiliki oleh bisnis memang tidak salah. Namun yang patut dikhawatirkan adalah ketika wawasan pasar menjadi terabaikan. Padahal, keduanya perlu dipadukan agar tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang bisa tercapai.

Dengan memiliki mindset yang tepat, para pengusaha dapat mewujudkan potensi sumber daya yang mereka miliki melalui transformasi digital.

“Mindset dapat berpengaruh ke behavior dan strategi UMKM kedepannya. Karena mindset adalah awal dari segala-galanya”, Jacob berpesan.

2. Wawasan Pemasaran Online

Selain memiliki mindset yang tepat, pemilik UMKM harus mengasah wawasan mereka agar mampu mengelola bisnis online-nya dengan baik.

Menurut Jacob, ada tiga wawasan yang wajib dipahami oleh UMKM agar bisa sukses online. Yang pertama adalah marketing, yang kedua adalah product development, dan yang terakhir adalah strategi dan manajerial.

Dengan ketiga wawasan tersebut pemilik UMKM akan paham cara mengembangkan produk, cara memasarkannya, serta cara mengelola bisnisnya dalam jangka panjang.

3. Jaringan Bisnis yang Solid

Luasnya jaringan bisnis bisa memperkaya wawasan industri serta memunculkan peluang untuk berkolaborasi. Hal ini juga penting untuk meningkatkan kesadaran digital bagi pemilik UMKM yang belum familiar dengan go online. 

Dengan begitu, generasi baru bisa membantu mengembangkan bisnis senior melalui platform digital. Di sisi lain, mereka juga bisa mendapatkan pengalaman berharga dari para pebisnis senior.

4. Toko Online yang Mumpuni

umkm go online

Terakhir, hal yang patut dipersiapkan oleh UMKM untuk bisa sukses go online adalah website atau toko online. Karena toko online dapat diandalkan sebagai media pemasaran dan penjualan. 

Namun, fungsi toko online tidak hanya sebatas untuk pemasaran dan penjualan saja. Masih ada manfaat lain yang ditawarkan oleh toko online. Mulai dari alat branding hingga ekspansi pasar.

Ingin Go Online Sekarang Juga? Yuk Beli Toko Online di OrderOnline Storefront!

Agar siap go online, UMKM harus siap mengembangkan diri dari segi mindset, wawasan, dan jaringan. Namun, jangan lupa untuk benar-benar terjun ke dunia online melalui toko online.

Khawatir karena belum tahu cara membangun toko online? Tidak masalah. OrderOnline Storefront akan membantu Anda memiliki toko online dengan mudah! Anda bisa mulai memiliki toko online tanpa perlu keahlian coding. Cek selengkapnya di sini >>> OrderOnline Storefront

Isi Form Untuk Berlangganan Informasi dari OrderOnline.id, Sekarang!

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar bisnis dan jualan online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram