Catatan Entrepreneur ala Founder Mc Donald’s

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Catatan entrepreneur yang berpengaruh adalah catatan dari seorang yang sudah mengalami perjuangan panjang mendirikan dan membesarkan bisnisnya. Belajar dari seorang Ray Kroc, seorang yang telah berhasil mengubah restoran biasa di San Bernardino,  kota yang cukup kecil di dekat Los Angles, Amerika Serikat menjadi salah satu restoran besar dan sukses di dunia. Restoran tersebut adalah Mc Donald’s, yang sekarang punya cabang di 119 Negara.

Data forbes menyebutkan bahwa kapitalisasi pasar Mc Donald kini mencapai 129 miliar dollar. Bisa bayangkan bukan jika dikonversikan akan bernilai sekitar 1.875 triliun rupiah. Capaian luar biasa bagi restoran fast food. Perjalanan sukses Mc Donlad’s pun telah terekam dalam film “the founder”. Dari film tersebut, ada beberapa catatan entrepreneur yang bisa kita pahamai dan pelajari. Apa saja? Yuk simak;

1. Think Big

catatan entrepreneur

Dalam kisah hidupnya, Ray Kroc adalah seorang salesman mixer untuk kebutuhan sebuah restoran di Amerika. Saat melakukan perjalanan ke luar kota, dia mampir di sebuah restoran pertama Mc Donald’s yang di miliki dua bersaudara yaitu Dick Mc Donald dan Mac Mc Donald.

Dalam peristirahatannya, Ray Kroc membeli makanan di Mc Donald dan terkesan dengan penyajian yang super fast. Sedangkan pada saat itu, rata-rata penyajian makanan di Amerika membutuhkan waktu sekitar 30 menit bahkan lebih. Ray menyaksikan bagaimana restoran Mc Donald’s menyajikan makanan hanya dalam waktu sekitar 30 detik.

Dari situlah Ray Kroc melahirkan ide besar dengan melihat peluang yang besar. Ray memiliki ambisi yang besar tentang bisnis dengan penyajian yang berbeda ini. Ambisinya yang ingin membawa Mc Donald’s berekspansi ke beberapa kota. Ray Kroc sejak awal telah memiliki aset yang penting dalam kepalanya; think big. Ia pun terus menerus memikirkan bagaimana cara restauran yang kecil di kota kecil bisa menjadi restoran besar di berbagai dunia. Saat itulah Ray belajar entrepreneur dan mulai berfikir luas mengenai arah bisnisnya. Catatan entrepreneur yang sangat bisa dijadikan teladan berpikir.

2. Business Growth

catatan entrepreneur

Setipa bisnis pasti punya kendala, hambatan, dan tantangan. Tanpa semua itu, bisnis bukanlah bisnis. Dalam pengembangan Mc Donald’s pun menemui berbagai hambatan. Bahkan hambatannya berasal dari bagi internal bisnisnya sendiri. Sebab terkadang, Dick dan Mac tak selalu setuju dengan ide dari Ray Kroc.

Dic dan Mac kadang-kadang terlalu cepat merasa puas dengan capaian mereka. Dick dan Mac diketahui selalu berfokus pada satu hal, speed system, dan hanya selalu berfokus pada satu restoran saja. Sedangkan Ray Kroc mulai memikirkan tentang business growth untuk perkembangan Mc Donald’s.

Ray terus menerus melawan keputusan-keputusan Dick dan Mac yang cenderung anti-growth. Karena kegigihan tersebut, di tengah perjalanan saat mengembangkan bisnis, ia pun bertemu dengan Harry J. Sonneborn, yang kelak kemudian membantunya menemukan pola pemasukan baru bagi Mc Donald’s.

3. Business Continuity

catatan entrepreneur

Kita ketahui sendiri bahwa setiap entrepreneur belum tentu punya keberanian mengambil resiko. Namun, lain hal dengan Ray, setelah belajar banyak tentang entrepreneur dan mendalami ilmu bisnis, Ray Kroc pun bertaruh segalanya untuk mengembangkan Mc Donald’s. Ia mulai semakin berani berinovasi menciptakan terobosan-terobosan baru untuk tujuan efisiensi dan peningkatan penjualan.

Salah satu terobosan baru dan penting yang dilakukan Ray Kroc dalam film “the founder” adalah mengembankan sebuah sistem franchise, yang mana pada saat itu, sistem bisnis seperti franchise keadaannya belum banyak di Amerika. Namun karena Ray selalu berpikir tentang business continuity, maka ia pun berani mencoba untuk menerapkannya, dengan membuka berbagai cabang di berbagai kota.

Meskipun diketahui bahwa Ray Kroc sempat hampir bangkrut karena keberaniannya berekspansi. Namun, selalu saja akhirnya menemukan solusi dengan bertemu Harry J. Sonneborn, yang akhirnya di tahun berikutnya menjadi presiden Mc Donald’s Corporation.

Bagaimana teman-teman sekalian? Catatan entrepreneur di atas adalah terobosan pola pikir yang sangat luar biasa pada zamannya. Melihat peluang dan berani memanfaatkan dan mengembangkannya. Totalitas yang dilandasi dengan keyakinan adalah catatan entrepreneur yang harus dicatat baik-baik agar menjadi pembelajaran. Selamat mempelajari dan mencoba yah. Semoga artikel yang kami sediakan bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih.

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram