Ini Dia Ulasan Lengkap Cara Iklan Di Facebook

gambar facebook

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Ada banyak cara yang bisa pebisnis lakukan untuk mempromosikan produk maupun jasa kepada konsumen. Salah satu yang terbilang efektif sebagai media promosi yaitu lewat Facebook. Bagaimana cara iklan di Facebook?

Artikel kali ini akan membahas seputar cara promosi dengan Facebook. Sebelum mengetahui caranya pastikan Anda sudah memiliki akun Facebook dan jika belum, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu.

4 Langkah Cara Iklan di Facebook

facebook

Untuk memasang iklan di Facebook cukup gampang, Anda hanya tinggal ngikutin step by step berikut dan iklan langsung bisa dipakai buat promosi.

1. Buat Halaman FB

Pasang iklan di Facebook Anda perlu menyediakan atau membuat halaman yang juga bisa disebut fanpage, caranya:

  1. Pertama, Anda perlu log in dengan akun Facebook Anda. Anda bisa log in melalui perangkat PC maupun HP.
  2. Selanjutnya temukan ikon menu berbentuk garis mendatar 3 buah lalu klik yang berada di sudut dari beranda FB. Kemudian pilih menu halaman.
  3. Setelah masuk, Anda bisa langsung klik buat halaman. Lanjutkan dengan memilih kategori yang cocok dengan bisnis Anda.
  4. Setelah itu isi format data yang tersedia terkait identitas Anda dan bisnis Anda. Jika sudah terisi, Anda tinggal klik lanjutkan.
  5. Langkah berikutnya, lakukan pengaturan sesuai yang diinginkan dan halaman siap dipakai. 

Baca juga: Facebook Business Manager dan Kelebihannya

2. Login Facebook Ads

Setelah buat halaman yang sesuai dengan bisnis Anda. Cara iklan di Facebook Selanjutnya, Anda sudah bisa menggunakan Facebook Ads Manager. Facebook Ads ini memiliki halaman yang terpisah dengan aplikasinya. Jadi, Anda perlu masuk ke halaman Facebook Ads Manager melalui link ini

Login menggunakan akun FB Anda untuk mulai membuat dan mengelola iklan. 

Baca juga: Facebook Ads; Solusi Untuk Melejitkan Bisnis Anda!

3. Mulai Membuat Kampanye Iklan

Untuk membuat iklan, pilihlah nama halaman yang akan menjadi tempat dari iklan yang dibuat. Ini dilakukan ketika Andaungkin memiliki beberapa halaman dalam akun FB Anda.

Pada halaman Facebook Ads Manager pilih opsi menu yang terdapat di bagian kiri halaman. Selanjutnya tinggal buka tab campaign untuk mulai membuat iklan lalu klik +baru. Selanjutnya Anda disuruh memilih tujuan pembuatan iklan. Ada 3 tujuan iklan di Facebook marketplace yaitu:

Awareness (Kesadaran)

Tujuan pembuatan iklan ini untuk membangkitkan kesadaran atau awareness atas merek bisnis Anda. 

Baca juga: Iklan Komersial Adalah Strategi Marketing, Ini Penjelasannya

Dengan begitu orang-orang akan tertarik dengan penawaran produk atau jasa dari perusahaan Anda. Dengan pilihan tujuan ini, iklan Anda akan disebarluaskan ke sebanyak mungkin pengguna FB.

Baca juga: Meningkatkan Brand Awareness? Berikut 5 Caranya!

Consideration (Pertimbangan)

Tujuan pembuatan iklan ini untuk menaikkan traffic website atau aplikasi. Bertujuan juga untuk meningkatkan respon atau interaksi dengan tiap postingan.

Baca juga: Traffic Organik? Berikut Tips Mendapatkannya!

Bentuk respon bisa berupa like, comment, atau tanggapan. Tujuan lainnya yaitu untuk mengajak para pengguna menonton video, mengunduh dan menginstal aplikasi, mengirim pesan, hingga mendapatkan leads.

Conversion (Konversi)

Tujuan iklan ini untuk meningkatkan angka penjualan di website Anda. Untuk melakukan tracking penjualan atau konversi Anda bisa memasang platform tambahan yaitu Facebook Pixel. Tujuan lainnya, untuk menampilkan katalog produk serta mengajak para pengguna untuk mengunjungi toko offline Anda.

Setelah memilih salah satu tujuan campaign atau iklan. Terakhir Anda akan diminta untuk membuat Ad set untuk melakukan pengaturan anggaran dan jadwal, audience, lokasi, umur, gender, dan kelengkapan profil bisnis lainnya.

Itulah tahapan dari cara iklan di Facebook. Melakukan promosi iklan lewat media sosial semacam Facebook akan jauh lebih mudah dan hemat. Terlebih lagi, efektif dan cepat untuk menjangkau semua konsumen. Selamat mencoba!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram