Bisnis Online Ini Cocok Buat Kamu Yang Suka Menulis

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Suka menulis? Ingin punya penghasilan sendiri? Coba kita lihat peluang bisnis apa saja yang cocok bagi orang-orang yang suka menulis dan ingin memulai bisnis online sendiri.

Coba pikir baik-baik, daripada menghabiskan waktu dan tenaga mengomentari semua kolom komentar yang ada di sosial media kamu, atau menulis banyak kata dan kalimat dengan sia-sia.

Ada baiknya kelebihan kamu dalam bidang menulis dituangkan dalam sebuah wadah agar bisa lebih mengeksplore kemampuan sendiri, bahkan mendapatkan penghasilan dari kegiatan tersebut.

Kami telah merangkum 3 pekerjaan yang bisa dijadikan bisnis online bagi teman-teman yang sangat suka menulis.

Berikut 3 bisnis online bagi teman-teman yang suka menulis;

1. Freelance Writer

bisnis online

Tampilkan diri kamu sebagai seorang penulis di media sosial. Jika perlu, buat portofolio agar kamu punya senjata kepada para klien. Portofolio yang dimaksud seperti sebuah buku, tulisan di web, artikel yang kamu tulis di media, atau apapun yang bisa menandakan bahwa kamu adalah seorang yang bisa diandalkan dalam dunia kepenulisan.

Branding dirimu sendiri sebagai penulis. Tidak terhitung banyaknya perusahaan yang membutuhkan artikel dalam website mereka. Contoh saja Tirto.id misalnya, yang harus menuliskan beberapa artikel dalam sehari. Atau Gramedia.com, yang harus me refresh dan mengabarkan perkembangan dunia buku setiap hari dalam sebuah artikel.

Jika branding kamu sudah tepat, maka klien yang akan menghampiri sendiri. Banyak tokoh atau orang-orang yang ingin membuat buku namun tidak mumpuni dalam dunia kepenulisan. Mereka akan mencari orang yang tepat untuk hal itu. Jadi mulai sekarang, branding diri anda sebagai penulis.

2. Bisnis Online Jual E-Book

bisnis online
School photo created by jcomp – www.freepik.com

Kamu punya karya penulisan seperti Novel? Cerita Pendek? Tips dan Trik? atau berbagai genre lainnya? Namun masih sering berdebat karena harus mencari penerbit manual? Yang mungkin akan banyak menguras modal? apalagi penerbit yang sudah besar.

E-book adalah solusi untuk kamu yang punya modal pas-pasan, bahkan yang tidak punya modal sekalipun. Banyak situs yang akan menampung karya kamu. Kabar baiknya? Mereka bahkan akan mengiklankan dan menjualkannya untukmu.

Biasanya, keuntungan akan dibagi tergantung kesepakatan kamu dengan situs tersebut.

Situs ini bisa jadi referensi kamu >>> Karyavirtual.com

3. CopyWriter

Setiap perusahaan membutuhkan profesi ini, kenapa? Karena dari profesi inilah muncul sebuah kata atau kalimat yang tertera dari produk yang akan dijual. Atau sekedar menaikkan branding perusahaan, mereka akan butuh copywriter untuk menulis semua tampilan perusahaan dalam sebuah artikel ataupun website.

Copywriter bisa dibilang sebagai marketing yang siap mempromosikan perusahaan atau produk perusahaan melalui kalimat dan kata-kata.

Jika ingin mencoba, mulai dari sekitar kamu. Tawarkan orang-orang sekitar yang merintis bisnis online, tawarkan keahlian copywriter kamu untuk membantunya menaikkan penjualan atau branding di media sosial.

Sudah saatnya berkarya dan memulai, jadi tunggu apalagi teman-teman?

Featured Image by Book photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram