Financial Planning Mulai Dari Sekarang

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Financial Planning yang akan kita bahas kali ini adalah Financial Planning yang dikhususkan untuk personal, bukan untuk sebuah perusahaan. Kenapa perlu membahas? Yuk simak selengkapnya.

Dalam keseharian Anda sampai sekarang, misalnya jika Anda masih single, apakah Anda telah menyisihkan biaya untuk pernikahan? Apakah Anda telah menyisihkan biaya masa depan? Pernahkah terpikirkan?

Jangan bilang gaji atau pendapatan yang Anda terima menguap begitu saja? Diterima bulan ini dan dihabiskan juga bulan ini?

Nah, pertanyaan besarnya adalah; Sampai kapan Anda harus menjalani pengelolaan keuangan yang seperti ini? Karena sebenarnya sistem keuangan seperti ini tidak sehat. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita membutuhkan Perencanaan Keuangan atau biasa juga disebut sebagai Financial Planning.

Perencanaan Keuangan adalah proses dimana seseorang dapat merdeka dari segi keuangannya dan mencapai tujuan keuangannya dengan melakukan beberapa evaluasi data keuangan yang dimiliki dengan membuat rencana keuangan yang komprehensif.

financial planning
Kapan sebaiknya kita melakukan Financial Planning? Sebaiknya mulailah dari sekarang dan sampai seterusnya.

Karena biasanya, sebuah Financial Plan akan selalu berubah seiring dengan perubahan usia dan tahapan kehidupan kita. Misalnya beda cerita jika Anda masih single, telah menikah, sudah memiliki anak, dan saat pensiun.

Kami akan beri contoh sederhana langkah awal yang harus dilakukan. Misalnya saja Anda adalah seseorang yang masih muda, berusia 23 tahun dan telah berpenghasilan. Maka yang harus dilakukan pertama kali adalah langkah sederhana membuat pos pengeluaran.

Setelah mendapatkan penghasilan, kamu bisa membagi pengeluaran bulanan menjadi 5 pos, yaitu:

  1. Cicilan utang (jika ada) – maksimal 30%
  2. Kebutuhan hidup – maksimal 40%
  3. Pengeluaran sosial – maksimal 5%
  4. Menabung dan berinvestasi – minimal 10%
  5. Pengeluaran lifestyle – maksimal 15%

Dengan memiliki catatan pos pengeluaran seperti di atas , Anda bisa mengendalikan pengeluaran sesuai dengan dana yang dimiliki. Dan ingat, jangan sampai besar pengeluaran daripada pemasukan.

Meskipun Financial Planning dilakukan dengan langkah awal yang sederhana, namun jika Anda melakukannya dengan matang terkoordinasi maka Anda dapat memaksimalkan sistem keuangan di masa yang akan datang tanpa perlu lagi takut akan hal tersebut.

Financial Planning bukanlah hal yang sulit. Siapapun dapat melakukannya, yang diperlukan hanya pengetahuan, konsistensi, dan kedisiplinan.

Jadi buat apa lagi menunda hal yang bisa membantu Anda di masa yang akan datang? Segera aplikasikan sekarang juga. Dimulai dengan perencanaan dan pengaplikasian yang sederhana namun konsisten.

Anda pasti akan menemukan kesulitan kedepannya, namun lawan terberat dalam hal ini adalah diri Anda sendiri. Jadi yang menentukan siapa pihak pemenang dan siapa pihak yang kalah adalah diri Anda sendiri.

Hindari utang setelah Anda membaca artikel ini, mulailah menabung dan berinvestasi. Pikir matang-matang segala pengeluaran Anda. Kami harap Anda bisa melakukannya dengan konsisten. Jadilah Financial Planner mulai dari sekarang. Selamat berjuang.

Featured Images by Business photo created by cookie_studio – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram