Etika Bisnis; Pengertian, Manfaat,Tujuan, dan Contoh

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Pengertian

Salah satu pengertian Etika bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.

Jika menerapkan hal tersebut dalam sebuah perusahaan, maka tentu dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan atau mitra kerja, pemegang saham, dan masyarakat.

Perusahaan meyakini prinsip bisnis yang baik adalah bisnis yang beretika, yakni bisnis dengan kinerja unggul dan berkesinambungan yang dijalankan dengan mentaati kaidah-kaidah etika sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Etika Bisnis dapat menjadi standar dan pedoman bagi seluruh karyawan termasuk manajemen dan menjadikannya sebagai pedoman untuk melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan dilandasi moral yang luhur, jujur, transparan dan sikap yang profesional. (wikipedia)

Manfaat

Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika telah memahami dan menjalankan etika bisnis sepenuhnya adalah;

  • Kredibilitas individu dan perusahaan meningkat
  • Bisnis akan memiliki citra yang baik
  • Bisnis akan didominasi oleh rasa aman dan nyaman
  • Pegawai dan pimpinan akan memahami prinsip memanusiakan manusia, dan
  • Menciptakan hubungan baik antara seluruh lingkaran bisnis
  • Dan masih banyak lainnya

Tujuan

Berikut beberapa tujuan diterapkannya etika bisnis dalam sebuah lingkungan bisnis;

  • Memberikan kesadaran akan perilaku dan moral agar menjalankan bisnis dengan melahirkan nilai baik, tidak individualis dan nilai-nilai popsitif lainnya.
  • Etika bisnis dapat mewujudkan sebuah managemen bisnis  menjadi lebih biak, sehingga orang bisa percaya bahwa bisnis yang mereka jalani adalah bisnis yang memiliki etika yang baik.
  • Dengan memiliki etika berbisnis, Anda akan dijauhkan dari citra buruk, sifat yang merasa diri jauh di atas bawahan, sampai penipuan yang merugikan sebuah bisnis.

Contoh

Berikut beberapa contoh etika bisnis dalam penerapannya;

  • Tidak Mencampur Urusan Pribadi Dengan Urusan Bisnis. Hal ini sangat penting untuk diingatkan, sebab masih banyak orang-orang yang melakukan praktek yang salah ini.
  • Jujur. Salah satu nilai paling dasar yang harus dimiliki dalam berbisnis. Bayangkan sendiri jika Anda sebagai individu atau sebagai perusahaan bergerak dengan landasan ketidakjujuran. Maka tidak butuh waktu lama, tidak akan ada lagi yang akan membangun kepercayaan dengan Anda. Akan menimbulkan bisnis tidak berjalan dengan lama.
  • Memahami dan Menjalankan Visi Misi perusahaan. Dimanapun Anda sedang bekerja, maka pahami dan bantu perusahaanmu untuk menggapai visi misinya. Dengan begitu, Anda dan perusahaan tempat Anda bekerja akan menjadi satu kesatuan.
  • Utamakan Musyawarah dan Kerjasama. Apapun keputusan yang akan diambil oleh bisnis, selalu utamakan mendengar dengan sesama dan selalu utamakan kerja sama.
etika bisnis

Anda bisa langsung menerapkan semua pembahasan di atas, tanpa perlu ragu dan ditunda lagi. Saatnya menjadi lebih baik. Semoga artikel yang telah kami sediakan bermanfaat bagi semua.

Featured Image by Business photo created by freepik – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram