,

MLM: Cara Kerja, Kelebihan, dan Kekurangannya

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

October 15, 2023

Diperbarui

Daftar isi

MLM atau yang disebut juga Multi Level Marketing merupakan metode pemasaran yang berjenjang. Dari yang OrderOnline amati, strategi pemasaran ini menerapkan sistem dimana seorang sales tidak hanya mendapat komisi dari penjualan pribadi, namun juga dari penjualan sales lain yang telah mereka rekrut.

Member seller MLM sendiri biasanya disebut sebagai distributor ataupun mitra niaga. Seller ataupun mitra niaga ini selain tugasnya dalam berjualan juga akan mengajak orang lain untuk bergabung sebagai anggota.

Harapannya, jaringan konsumen dan market yang bisa dijangkau pun akan jauh lebih luas.

Baca juga: Produk Milikmu Ingin Ditampilkan di Mana?

Konsep pemasaran Multi Level Marketing ini juga memberikan beberapa perks ataupun keuntungan di garis kemitraannya jika konsumen ikut serta sebagai penjual. Karena, penambahan anggota secara tidak langsung juga akan meningkatkan potensi pendapatan perusahaan.

Tergantung banyaknya pelanggan yang berhasil direkrut oleh mitra niaga, perusahaan akan memberikan insentif berupa bonus, fasilitas, dan sarana penunjang lainnya.

Cara Kerja Multi Level Marketing (MLM)

Cara Kerja MLM Alias Multi Level Marketing

Biasanya, langkah pertama yang dilakukan perusahaan adalah dengan menjaring konsumen untuk menjadi anggota. Perusahaan dengan ini menawarkan paket produk menarik dengan harga yang lebih murah apabila customer bersedia menjadi member.

Setelahnya, perusahaan akan memberikan form anggota. Tentu dengan tidak lupa menjelaskan insentif serta perks lain yang akan didapatkan oleh member di tiap jenjangnya.

Hal ini pun kemudian dilakukan berulang-ulang hingga jaringan konsumen serta market yang lebih luas telah terbangun.

Tentu tidak lupa, member yang giat menjaring anggota akan diberikan bonus yang lebih ketimbang rekan-rekannya. Hal ini tentu dilakukan untuk mendorong semangat anggota alias mitra niaga untuk mencari member mitra niaga yang baru.

Kelebihan Multi Level Marketing (MLM)

  • Mendatangkan passive income yang lumayan menjanjikan sebagai tambahan penghasilan tetap yang diterima setiap bulan.
  • Melatih kemampuan berkomunikasi dari setiap mitra niaga sehingga terbentuk karakter personal selling yang kuat.
  • Relasi akan semakin meluas seiring dengan jumlah konsumen yang berusaha mitra niaga rekrut.

Kekurangan Multi Level Marketing (MLM)

  • Para member dikendalikan oleh sistem yang ketat. Kurang memiliki kebebasan dikarenakan distributor ataupun mitra niaga bukanlah pengusaha yang mandiri. Pembatasan juga dirasakan karena adanya sistem hierarki yang rumit.
  • Uang hanya berputar pada lingkup perusahaan tersebut. Hal ini akan membawa dampak negatif terhadap sektor riil.
  • Uang dari para nasabah juga tidak terjamin keamanannya oleh pemerintah. Jika worst case uang nasabah hangus, nasabah mungkin hanya bisa gigit jari karena tentu perusahaan akan di likuidasi untuk mengcover biaya yang tertanggung.

Demikian telah OrderOnline paparkan beberapa poin pandangan terhadap MLM alias Multi Level Marketing. Cara kerja, kelebihan, serta kekurangannya. OrderOnline harap, semoga pembahasan ini akan menambah insight serta pengetahuan untuk kamu.

Terakhir, jangan lupa juga untuk mampir ke OrderOnline jika kamu menghadapi beberapa masalah dalam bisnis online dengan klik di sini. Tim OrderOnline akan siap membantu kamu.

Mungkin sekian dulu untuk artikel kali ini. Stay healthy and see you next time!

Penulis

Azmi Permana

Diterbitkan

October 15, 2023

Diperbarui