Jenis Model Bisnis; Manfaat Mengetahuinya!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Manfaat apa sih yang akan kita dapatkan setelah mengetahui berbagai jenis model bisnis yang bisa digunakan?

Langsung saja, berikut telah kami rangkum uraian manfaat ketika telah mengetahui berbagai jenis model bisnis yang ada >>>

1. Mengetahui Target Market

jenis model bisnis

Dalam bisnis apapun, utamanya yang selalu menjadi faktor pertama adalah mengetahui target market. Kenapa mengetahui target market sangatlah penting? Karena jika Anda memulai jualan tanpa tahu target market maka sama saja Anda menghabiskan banyak uang dengan cuma-cuma.

Bayangkan saja sendiri ketika misalnya Anda menjual perlengkapan mobil ke orang-orang yang tidak memiliki mobil sama sekali. Bagaimana pun kehebatan Anda mempromosikannya, tetap tidak akan terbeli karena mereka tidak membutuhkannya.

Sedangkan ketika Anda telah mengetahui target market yang lebih spesifik, maka semakin jelas model bisnis Anda.

2. Memahami Produk yang Ingin Dipasarkan

Sudah banyak business owner yang menjual produk yang tidak diperlukan oleh konsumen. Karena benar-benar menjual produk sebatas keinginan tanpa data sama sekali. Apalagi tidak mengetahui target market maka akan lebih parah lagi akibat yang akan ditimbulkan.

Dengan menggunakan model bisnis yang cukup jelas, tidak perlu lagi terjebak pada penciptaan produk yang tidak diperlukan konsumen. Dan semakin jelas target market dan value proposition produk dari Anda, maka semakin jelas pula jenis produk apa yang harus dipasarkan. 

3. Mengetahui Strategi Bisnis yang Harus Dijalankan

jenis model bisnis

Jika Anda memilih salah satu model bisnis yang Anda inginkan untuk segera dijalankan maka akan secara otomatis pula akan menentukan strategi bisnis yang harus dijalankan. 

Misalnya saja jika di kemudian hari Anda memilih menjadi seorang distributor, maka strategi Anda bukanlah cara menarik konsumen. Namun, lebih ke cara menjalin hubungan ke lebih banyak produsen secara dekat. 

Selain itu, Anda juga harus mampu untuk bekerja sama dengan banyak retailer dan mampu menciptakan sebuah jalur distribusi yang cepat dan efektif.

4.  Mengantisipasi Persaingan

Akan sulit menentukan posisi bisnis di pasar ketika Anda tidak menentukan model bisnis. Salah satu dampak terburuknya adalah Anda harus menghadapi persaingan yang belum tentu Anda perhitungkan. 

Sedangkan jika Anda telah menentukan model bisnis, maka Anda akan mampu memahami persaingan dalam mendapatkan resources dan strategi menjual produk ke konsumen.

Model Bisnis Apa yang Akan Anda Gunakan?

Setelah membaca dan memahami beberapa artikel-artikel sebelumnya, tentu saja Anda telah memiliki gambaran beberapa jenis model bisnis yang bisa Anda jalankan.

Sebuah fakta menarik mengungkapkan bahwa sebuah bisnis bisa menggunakan lebih dari satu model seiring dengan perubahan ataupun perluasan strategi bisnis dan perubahan serta perluasan pasar.

Jadi kesimpulannya Ada pada Anda sendiri, ingin menggunakan jenis model bisnis yang mana, dan menyesuaikannya dengan tips-tips yang telah dibahas sebelumnya.

Featured image by People photo created by lookstudio – www.freepik.com

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram