Sukses Bisnis Online di Sosial Media Mulai dari Nol

Berikut adalah tips tips untuk memulai dan belajar bisnis dengan modal 0

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Memulai bisnis online bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja, termasuk kamu. Ketika kamu sudah memiliki sebuah usaha tidak ada salahnya terjun ke bisnis online. Ada beberapa kunci sukses memulai bisnis online di sosial media.

Memanfaatkan Sosial Media untuk Berbisnis

Saat ini kamu bisa menggunakan sosial media kamu untuk berbisnis. Jadi, tidak hanya untuk berkomunikasi atau terhubung dengan orang lain saja. Bila kamu akan terjun ke dunia bisnis, kamu bisa mencoba usaha bisnis online untuk pemula.

Kamu bisa mempelajari berbagai tips berbisnis di sosial media, hal-hal yang perlu dipersiapkan, hal yang harus dilakukan, dan strategi pemasarannya. Dengan memperhatikan poin-poin di atas, kamu bisa memulai bisnis dengan langkah yang bagus.

Kunci Sukses Memulai Bisnis Online di Sosial Media

Berikut ini adalah beberapa kunci sukses memulai bisnis online di sosial media. Dengan mengikuti tips-tips berikut, kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih optimal.

1. Mengenal Sasaran Pasar di Sosial Media

Perbedaan WA dan Email Blast dari segi fungsi dan penggunaan

Poin pertama yang harus kamu perhatikan adalah mengenal sasaran pasar untuk usaha kamu. Dengan mengerucutkan sasaran pasar, kamu bisa mengoptimalkan dan mengambil langkah yang tepat.

Selain itu, bisnis yang kamu geluti nantinya juga akan berpengaruh terhadap sasaran pasar kamu. Jika kamu menjual produk di luar sasaran, maka kemungkinan untuk mendapatkan untung yang besar sangat kecil.

Itulah pentingnya menentukan sasaran pasar. Nah, kamu bisa mulai menentukannya di akun sosial media kamu. Mulai dari gender, rentang usia, dan kebutuhan sasaran pasar kamu.

2. Membuat Akun Bisnis

Whatsapp business sebagai aplikasi CRM pada bisnis online

Setelah berhasil menentukan sasaran pasar, kamu harus membuat sebuah akun. Akun yang kamu buat akan lebih baik berupa akun bisnis yang akan lebih efektif jika menggunakannya. Dengan akun tersebut, kamu bisa mengenalkan usaha kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menjangkau banyak orang dengan mengikuti akun calon pembeli kamu. Bisa juga dengan mengoptimalkan akun bisnis kamu dan rajin membuat insta story.

3. Membuat Poster Produk yang Menarik

Platform untuk bisnis online

Langkah sukses usaha online yang ketiga adalah dengan membuat poster yang menarik. Meskipun kamu bermain dan berjualan di sosial media, poster tetap menjadi poin yang penting.

Nantinya, poster tersebut akan kamu unggah di akun sosial media jualan kamu. Bila kamu membuat poster yang menarik, kamu bisa menarik keingintahuan calon pembeli. Mereka yang tertarik akan mulai melihat-lihat akun kamu.

4. Mengikuti Berbagai Macam Grup yang Relevan

 

Langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti grup. Kamu bisa sambil mempromosikan produk kamu di grup tersebut. Biasanya memanga da grup-grup khusus jualan tertentu. Nah, kamu bisa mengikuti grup yang relevan dengan bisnis kamu.

Melakukan Riset Pasar

5. Foto Produk yang Eye Catching

Cara Pertamayaitu, dengan menentukan platform yang akan digunakan

 

Jangan lupa untuk mengambil foto yang bagus. Foto produk akan sangat berpengaruh terhadap jadi tidaknya seseorang memutuskan untuk membeli.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai aplikasi untuk mengedit poto supaya tampak lebih menarik. Selain itu, gunakan juga berbagai properti supaya foto terlihat lebih estetik.

6. Membubuhkan Deskripsi Produk yang Jelas

Illustrasi Platform

Ketika kamu sudah mengunggah foto produk kamu di akun sosial media, masukkan deskripsi foto yang jelas. Informasi tersebut sangat penting bagi orang lain yang ingin tahu tentang produk yang kamu jual.

Selain itu, masukkan informasi seperlunya saja. Tidak perlu terlalu panjang, sehingga tampak bertele-tele dan tidak efektif. Hal itu, justru akan membuat bingung pembaca.

7. Menyisipkan Testimoni

Platform yang bisa kita lakukan untuk berjualan online

Hal penting lain yang perlu kamu unggah adalah bukti testimoni. Dengan melihat bukti testimoni, orang lain akan lebih percaya bahwa produk kamu sudah banyak dibeli orang.

Selain itu, kamu menunjukkan bahwa produk kamu adalah produk yang bagus dan layak dibeli oleh banyak orang. Jadi, mengunggah testimoni sangatlah penting.

8. Aktif Bermain Sosial Media dan Edukatif

Cara menulis Bio Instagram yang baik dan professional

Setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, kamu harus rajin aktif di sosial meia tersebut. Dengan begitu, orang lain akan tahu bahwa akun kamu selalu update, meskipun itu hanya sebuah story saja.

Selain beberapa cara memulai bisnis online dari nol di atas, kamu juga perlu sisi edukatif. Jadi, tidak hanya update tentang produk kamu saja. Melainkan berbagai hal terkait yang sifatnya mengedukasi.

Itulah beberapa kunci sukses memulai bisnis online di sosial media yang perlu kamu lakukan. Tahapan-tahapan di atas sangat penting dan berpengaruh terhadap berkembangnya usaha kamu. Jadi, jangan ragu untuk terus mencoba lebih baik

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram