Sosial Media Terbaik untuk Bisnis, Kamu Wajib Tahu

Sosial media terbaik untuk bisnis

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daftar Isi

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sosial media saat ini banyak sekali dimanfaatkan untuk berbisnis. Ada berbagai macam bisnis yang bisa kamu pasarkan lewat sosial media. Ada pula sosial media terbaik untuk bisnis yang bisa kamu coba.

Mengoptimalkan Fungsi Lain dari Sosial Media

Selain sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan masyarakat dunia maya, sosial media juga bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis. Bahkan, dampak dari penggunaan sosial media pada bisni kamu ternyata tidak main-main.

Ini sudah dibuktikan oleh banyak orang dan banyak pelaku bisnis lainnya. Mereka bergerak lewat sosial media yang mereka punya untuk mengenalkan, memasarkan, bahkan bertransaksi dengan pembeli.

Kamu pun juga bisa menjual produk kamu lewat sosial media tersebut. Lalu, bagaimana langkah-langkahnya supaya produk dilirik oleh calon pembeli?

Kamu harus membuat foto produk dan desain produk yang semenarik mungkin sebelum kamu upload di sosial media kamu. Setelah itu, beri caption yang jelas dan tidak bertele-tele. Bisa tentang deskripsi produkmu.

Dengan melakukan dua hal di atas, kamu bisa mulai mengenalkan produk kamu. Itu dia manfaat sosial media yang bisa kamu peroleh jika kamu memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Sosial Media Terbaik untuk Bisnis

Memiliki sosial media yang bisa digunakan untuk berbisnis memang cara yang mudah dalam melakukan pemasaran. Namun, kamu harus melakukan update secara konsisten untuk menarik minat calon pembeli. 

Nah, ini dia beberapa aplikasi sosial media yang bisa kamu coba di rumah untuk mengoptimalkan bisnis kamu.

1. Facebook

Facebook sebagai salah satu platform untuk bisnismu

Posisi pertama diduduki oleh Facebook. Di platform ini kamu bisa memasarkan produk kamu karena aplikasi ini pula yang paling awal digunakan untuk berpromosi produk jualan.

Kamu bisa mempromosikan lewat akun pribadi maupun akun bisnis. Namun, tentunya bila kamu menggunakan akun bisnis akan lebih optimal karena memang diperuntukkan berbisnis.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung di berbagai grup yang menaungi untuk berjualan atau promosi produk kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Facebook Ads. Fitur ini adalah fitur iklan berbayar, tetapi sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis.

     Baca juga : Dapatkan Penghasilan Dari Platform Digital

2. Instagram

Instagram sebagai salah satu platform yang bisa digunakan untuk berbisnis

Contoh sosial media berikutnya adalah Instagram. Aplikasi yang satu ini mulai digunakan untuk mempromosikan produk karena tipe aplikasi yang berisi foto dan video. Tentu akan sangat optimal bila kamu mengenalkan produkmu di sini.

Selain tu, pengguna Instagram juga tidak kalah banyak dengan Facebook. Bila kamu membuat video produk dan foto produk yang estetik, kamu bisa menarik minat calon pembeli. Diawali dengan mulai mengikuti akun jualanmu.

3. WhatsApp

Whatsapp business sebagai aplikasi CRM pada bisnis online

Selanjutnya, ada aplikasi WhatsApp yang bisa kamu unduh dan manfaatkan untuk jualan. Jadi, tidak hanya untuk kepentingan komunikasi saja. Saat ini WhatsApp pun sudah dilengkapi dengan WhatsApp bisnis.

Nah, dengan WhatsApp bisnis ini kamu bisa lebih luas dalam menjangkau orang-orang. Menariknya lagi, akun WhatsApp kamu ini bisa kamu hubungkan dengan Facebook dan Instagram. 

4. Twitter

Twitter sebagai salah satu platform untuk menjnangkau audience

Jenis sosial media berikutnya ada Twitter. Seperti yang kamu tahu, Twitter lebih banyak berisi tentang tulisan. Namun, tetap bisa meng-upload gambar-gambar maupun foto. Jadi kamu tetap bisa melakukan promosi di sini.

Kekuatan Twitter juga tidak kalah dengan sosial media lainnya. Bila kamu ahli dalam menggunakan Twitter, tidak ada salahnya mencoba untuk memasarkan produk kamu lewat Twitter.

     Baca Juga : 4 Cara Bisnis Online untuk Pemula, Bikin Jadi Untung!

5. TikTok

TikTok platform untuk berjualan

Sekarang ini, aplikasi TikTok menjadi salah satu sosial media yang paling digandrungi. Terutama oleh kalangan orang muda. Kamu bisa membuat konten yang menarik berisi tentang produk-produk jualan kamu.

Dengan begitu, orang-orang bisa tahu bahwa kamu menjual produk yang tidak kalah dengan yang lainnya. Kamu juga bisa menggunakan hashtag dan mengikuti challenge supaya semakin dikenal orang produkmu.

6. Orderonline.id

Orderonline Blog

Orderonline.id adalah aplikasi berbasis web untuk Anda sebagai pebisnis online yang dapat membantu bisnis Anda jadi jauh lebih efektif & efisien. Dengan fitur fitur powerfull dan lengkap yang membuat jualan online lebih mudah, termasuk pembagian kerja tim, SOP, order management dan reporting.

Orderonline.id menyediakan mulai dari pembuatan landing page, pengaturan logistik, pengaturan barang, hingga CRM solutions. Orderonline pun sudah di percaya oleh lebih dari 22.000 seller dan business owners di indonesia. Dengan fitur fitur yang sudah disediakan kamu tidak perlu ribet lagi membuat website, landing page dan setup untuk logistik untuk toko onlinemu.

Itulah lima sosial media terbaik untuk bisnis yang patut kamu coba. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, kamu bisa semakin luas mengenalkan produkmu. Lakukanlah dengan rajin dan semoga berhasil berbisnis di sosial media!

Share Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram